alexametrics

LPSK: Bharada E Hanya Sopir Bukan Ajudan Irjen Ferdy Sambo

4 Agustus 2022, 17:24:18 WIB

JawaPos.com – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengungkap fakta baru terkait latar belakang Bharada Richard Eliezer alias Bharada E, tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi menyatakan, Bharada E bukan ajudan dari Kadiv Propam nonakrif Irjen Pol Ferdy Sambo, melainkan hanya seorang sopir. Informasi yang didapat LPSK berbeda dari keterangan kepolisian yang menyebut Bharada E merupakan ajudan Irjen Ferdy Sambo.

“Bharada E ini bukan ADC (Aide de Camp) atau ajudan. Bukan. Sprin (surat penugasan) Bharada E ini sopir,” kata Edwin kepada wartawan, Kamis (4/8).

Edwin mengungkapkan, keterangan tersebut didapat LPSK saat melakukan pemeriksaan dan konfirmasi atas permohonan perlindungan Bharada E, pada Jumat (29/7) lalu. Pemeriksaan tersebut sebagai tindak lanjut surat permohonan perlindungan kepada LPSK.

Edwin juga mengungkap keterangan lain dari Bharada E. Ia mengatakan, tidak semua ADC Irjen Ferdy Sambo ditugaskan menjadi ajudan, melainkan ada yang hanya ditugaskan sebagai sopir.

“Ya, itu keterangan dari Bharada E. Jadi diantara 8 orang anggota polri yang melekat ke Pak Sambo, menurut Bharada E, 3 diantara sprinnya adalah driver. Dia (Bharada E) juga baru 7 bulan (jadi ADC) dan berasal dari detasemen Brimob Cikeas,” papar Edwin.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: