alexametrics

Alasan BW Tak Lagi Jadi Pengacara Mardani Maming

4 Agustus 2022, 13:50:11 WIB

JawaPos.com – Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto alias BW tidak lagi menjadi tim penasihat hukum dari mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Mardani H. Maming. Menurut BW, sejak awal dirinya hanya berkomitmen untuk membela Mardani Maming di sidang praperadilan.

“Sedari awal saya hanya komitmen untuk menjadi lawyer di praperadilan saja. Itu sebabnya, di surat kuasa pendampingan pemeriksaan sebelumnya nama saya pun tidak ada,” kata BW dikonfirmasi, Kamis (4/8).

Meski demikian BW meyakini, pengacara Maming akan melakukan pembelaan semaksimal mungkin. Sebab perkara yang menjerat Ketua Umum BPP HIPMI nonaktif itu murni unsur bisnis.

“Semoga fakta yang sesungguhnya akan terbongkar, karena ini underlyingnya adalah transaksi bisnis. Jika persaingan bisnis tidak bisa dikriminalisasi, karena akan meruntuhkan kepercayaan bisnis,” tegas BW.

Selain BW, mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Denny Indrayana juga tidak lagi menjadi pengacara untuk Mardani Maming. Tim penasihat hukum Maming merupakan gabungan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).
KPK kini telah resmi menahan Mardani H. Maming usai menjalani p
emeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (28/7). Maming menjalani proses penahanan untuk 20 hari pertama, terhitung sejak 28 Juli 2022 sampai dengan 16 Agustus 2022 di rumah tahanan (Rutan) KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Penahanan terhadap Mardani Maming dilakukan tim penyidik KPK setelah KPK menerbitkan status daftar pencarian orang (DPO). Sebab, Mardani Maming tak kunjung kooperatif memenuhi panggilan tim penyidik KPK, karena beralasan sedang melakukan upaya hukum praperadilan. Namun, praperadilan itu ditolak Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: