alexametrics

Disidang Etik Besok, Lili Masih Bertugas

4 Juli 2022, 16:37:48 WIB

JawaPos.com – Isu bahwa Lili Pintauli Siregar mengajukan pengunduran diri sebagai wakil ketua KPK terus mencuat menjelang sidang etik Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dugaan pelanggaran etik menerima fasilitas menonton event MotoGP Mandalika dari PT Pertamina. Pengunduran diri itu disebut-sebut untuk menghindari persidangan etik yang akan digelar besok (5/7).

Ketua IM57+ Institute M. Praswad Nugraha menilai pengunduran diri Lili sudah ditunggu publik. Mengingat Lili sudah lebih dari sekali terjerembap dalam pusaran kasus pelanggaran etik. ”Seharusnya sudah dari dulu mundur, kenapa baru sekarang?” kata Praswad kepada Jawa Pos kemarin (3/7).

Pengunduran diri tersebut, kata Praswad, ditengarai sebagai strategi Lili menghindari sidang etik dewas. Apalagi berembus kabar bahwa Lili tidak bisa ”lolos’’ dalam sidang etik dewas kali ini. ”Sidang etik tetap harus digelar meskipun Lili mundur atau tidak,” paparnya.

Lili belum bisa dimintai komentar terkait kabar pengunduran dirinya tersebut. Saat dihubungi Jawa Pos, mantan wakil ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) itu tidak merespons.

Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan, sampai kemarin (3/7) Lili belum mengonfirmasi kabar pengunduran diri tersebut. Sejauh ini, Lili masih menjalankan tugas yang sudah dijadwalkan untuk beberapa waktu ke depan. ”(Lili) masih berkonsentrasi menjalankan tugasnya,” kata Ali saat dikonfirmasi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/c6/cak

Saksikan video menarik berikut ini: