JawaPos Radar

Bareskrim Lepas Tangan, Kasus Dugaan Persekusi UAS Dilimpah ke Bali

04/05/2018, 18:45 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Ustad Abdul Somad, abdul somad persekusi
Ustad Abdul Somad (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kasus dugaan persekusi terhadap Ustad Abdul Somad (UAS) di Bali akhirnya mendapat tindak lanjut dari polisi. Bareskrim Polri berencana melimpahkan seluruh kasus ini ke Polda Bali. Hal itu diutarakan langsung Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri Kombes Pol Daddy Hartadi.

Menurut Daddy, pelimpahan ke Polda Bali ini sebagai upaya pemaksimalan penyidik dalam mengungkap kasus tersebut. Sebab, selama ini kasus dugaan persekusi UAS berjalan di dua tempat. "Kasus Abdul Somad kita rencanakan untuk dilimpahkan ke Polda Bali. Di sana progres penyelidikannya juga berjalan," ungkap Daddy di Bareskrim Polri, Jumat (4/5).

Daddy menuturkan, pertimbangan lain juga diambil karena Tempat Kejadian Perkara (TKP) terjadi di wilayah hukum Polda Bali. Begitu pula dengan saksi-saksi kejadian hampir keseluruhannya berada di pulau Dewata. "Selain itu, TKP dan saksi-saksi keseluruhannya juga di sana (Bali)," terang Daddy.

Lebih lanjut, Daddy mengatakan bahwa proses pelimpahan perkara ini sedang berjalan. Saat ini hanya tinggal menunggu tanda tangan Kabareskrim, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto. "Saat ini sedang proses menunggu tanda tangan," pungkas Daddy.

Sebagaimana diketahui, pada 9 Desember 2017, Ustad Abdul Somad diduga dipersekusi oleh oknum ormas Bali. Ustad lulusan Al-Azhar, Mesir, ini ketika itu hendak menjadi penceramah di acara tabliq akbar di pulau Dewata.

Namun tiba-tiba sekelompok massa mendatangi hotel tempat menginap Ustad Somad. Mereka menyebut Ustad asal Riau ini tidak NKRI, bahkan massa terlihat ada yang membawa senjata tajam saat melakukan aksi.

Buntut dari kejadian ini, Lembaga Masyarakat adat melayu Riau dan koalisi masyarakat Islam, melaporkan 10 orang anggota dari ormas Bali dan 1 anggota DPD Bali ke Bareksrim Polri dan Polda Bali.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up