alexametrics

KPK Tetapkan Tersangka dalam Kasus Dugaan Suap Pengurusan Pajak

4 Maret 2021, 14:58:41 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui kasus dugaan suap yang melibatkan pejabat pada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah naik pada tahap penyidikan. Lembaga antirasuah masih enggan membeberkan siapa pejabat Ditjen Pajak yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Ada laporan masyarakat dan dicek didalami, ternyata ada tindak pidana suap dan itu yang disampaikan ke KPK. Biasanya perkara suap adalah OTT, ini tidak. Penyelidikan terbuka dan kita putuskan kita naikan ke penyidikan. Sekarang masih dilakukan penyidikan oleh KPK,” kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (4/3).

Alex tak memungkiri, perkara yang saat ini tengah diusut KPK telah diungkapkan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Terlebih Kemenkeu telah melakukan pemecatan terhadap seorang yang diduga menjadi tersangka dalam kasus ini.

Baca juga: Sri Mulyani Tegas, Pecat Pejabat Pajak Terlibat Penurunan Nilai Pajak

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pihak yang diduga terjerat dalam perkara ini adalah Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak, Angin Prayitno Aji. Alex sendiri masih enggan membeberkan nama tersebut yang menjadi tersangka. “Kami tidak mengungkap nama atau perusahaan terkait. Supaya teman-teman penyidik tidak terganggu dengan kegiatan pemeriksaan, dan pencarian barang bukti,” beber Alex.

Pimpinan KPK dua periode ini memastikan, pihaknya akan segera mengumumkan penetapan tersangka. Dia pun membenarkan, pihak yang diduga menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap pada Ditjen Pajak itu telah dicegah ke luar negeri.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: