alexametrics

KPK Telah Terima Pengembalian Rp 8 Miliar dalam Kasus Suap Meikarta

4 Januari 2019, 17:45:51 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menerima pengembalian uang dari Bupati Bekasi (nonaktif) Neneng Hasanah Yasin. Pengembalian uang ini berkaitan dengan kasus dugaan suap izin pembangunan proyek Meikarta.

Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebut hingga saat ini lembaganya sudah menerima pengembalian dari Neneng dengan total Rp 8 miliar.

“Bupati Bekasi mengembalikan uang Rp 2 miliar pada KPK terkait kasus dugaan suap dalam proses perizinan proyek Meikarta di Bekasi (3/1),” ucapnya pada awak media, Jumat (4/1).

“Total pengembalian sampai saat ini adalah Rp 8 miliar,” imbuhnya.

Sekadar informasi, pada Rabu (12/12) Neneng pernah mengembalikan uang senilai Rp 1 miliar lebih. Sebelumnya, pada Jumat (23/11), Neneng juga sudah mengembalikan uang suap yang diterima senilai Rp 1,9 miliar. Adapun, uang tersebut telah disita dan dimasukkan dalam berkas perkara.

Selain, itu uang senilai Rp 3 miliar juga telah disita oleh tim lembaga antirasuah ini. Uang itu, beberapa waktu lalu juga telah dikembalikan oleh Neneng.

Febri menuturkan, pihaknya menghargai sikap kooperatif yang ditunjukkan oleh Neneng. “Meskipun tidak menghilangkan pidana, sikap kooperatif pasti akan dipertimbangkan sebagai faktor meringankan dalam proses hukum,” ujarnya.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan tersangka pemberi suap Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro dan dua orang Konsultan Lippo Grup Taryudi dan Fitra Djaya Purnama serta satu orang pegawai Lippo Group Henry Jasmen.

Sedangkan, sebagai penerima fee sebesar Rp 7 milliar adalah Bupati Bekasi (nonaktif) Neneng Hasanah Yasin bersama Kepala Dinas PUPR Jamaludin, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi Sahat MJB Nahar, Kepala Dinas DPMPTSP Kab Bekasi Dewi Tisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Intan Piliang

KPK Telah Terima Pengembalian Rp 8 Miliar dalam Kasus Suap Meikarta