alexametrics

7 Kontainer Surat Suara Dicoblos, Polri: Bukan Cuma Hoax Tapi Fitnah

4 Januari 2019, 13:25:48 WIB

JawaPos.com – Berita hoax mengenai adanya tujuh kontainer yang berisi surat suara  dicoblos pada kolom nomor urut 01 menjadi perhatian berbagai kalangan. Kasus ini juga akan diproses hukum untuk mencari siapa yang menyebarkan berita bohong itu.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal bahkan menyebut, informasi tersebut bukan hanya berita hoax tetapi juga merupakan fitnah yang tidak bertanggung jawab. Sejumlah pihak pun langsung mengecek kebenaran hal tersebut ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Selaku penanggung jawab penyelenggara pemilu dan stakeholder berkumpul di sana (Pelabuhan Tanjung Priok), ternyata itu bukan saja sekedar hoax tapi itu fitnah, tidak benar sama sekali,” kata Iqbal di kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (4/1).

Mantan Wakapolda Jawa Timur ini menuturkan, pihaknya bakal melakukan proses hukum terkait kasus hoax tersebut. Terlebih KPU dan Bawaslu telah melaporkan kasus tersebut ke Bareskrim Polri.

“Tim sudah bekerja dan sedang berada di beberapa tempat untuk mengumpulkan semua alat bukti yang ada, walaupun ada berbagai alat bukti yang sudah kami kumpulkan dan berbagai keterangan yang sudah kami ambil,” ucap Iqbal.

Iqbal menyebut, jika pihaknya telah selesai melakukan penyelidikan maka akan ditetapkan siapa pelaku penyebar hoax tersebut. “Tentu saja pada saatnya polri akan menyampaikan hasil penyelidikan ini kepada publik,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman meminta Bareskrim Mabes Polri menangkap pelaku penyebar berita bohong alias hoax, terkait tujuh kontainer yang berisi surat suara telah dicoblos pada kolom nomor urut 01. Hal ini agar Pemilu 2019 berjalan kondusif.

“Kami sudah bertemu Kabareskrim, sudah menyampaikan kepetingan agar penyebar hoax segera ditangkap,” kata Arief di kantor Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/1).

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
7 Kontainer Surat Suara Dicoblos, Polri: Bukan Cuma Hoax Tapi Fitnah