JawaPos Radar

Pelaku Curanmor Modus Kopi Campur Obat Penenang Diciduk

04/01/2018, 20:01 WIB | Editor: Budi Warsito
Pelaku Curanmor Modus Kopi Campur Obat Penenang Diciduk
AKBP Firman Lukmanul Hakim, Kapolres Sleman didampingi Kasat Reskerim AKP Rony Are Setia saat memberikan imbauan agar masyarakat juga ikut menjaga keamanan di lingkup Sleman. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Aksi kejahatan yang dilakukan oleh tiga pelaku pencurian truk BS,33, warga Kabupaten Klaten, AG,34, asal Surakarta, dan BR,35, dari Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng) terhenti sudah.

Ketiganya kini meringkuk dibalik sel tahanan setelah diringkus petugas Kepolisian dari Polres Sleman. Kawanan pencuri itu diburu Polisi karena melakukan pencurian terhadap sebuah truk bernopol B 9506 PYT.

Kapolres Sleman AKBP Firman Lukmanul Hakim melalui Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Are Setia mengatakan, para terangka diamankan pada 20 Desember 2017 lalu di Terminal Daleman, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten.

Dalam modus operandinya para pelaku ini menggunakan obat penenang untuk memuluskan aksinya. "Mereka mengelabui korbannya untuk mencuri truk dengan mencampurkan obat penenang ke dalam kopi," jelas AKP Rony saat temu pers, Kamis (4/1) di Mapolres Sleman.

Ia mengungkapkan, kasus pencurian itu berawal saat para tersangka itu berpura-pura memesan pasir kepada korbannya. Mereka pun sepakat untuk bertemu di Dusun Jebresen, Desa Kalitirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Setelah bertemu di lokasi, kopi yang telah dicampur obat penenang itu itu kemudian diberikan kepada sopir truk (korban). "Setelah korban tertidur, pelaku kemudian membawa truk,"ungkap AKP Rony.

Setelah membawa kabur truk tersebut, tersangka kemudian mengubah ciri fisik kendaraan di bengkel. Hingga membuat surat kendaraan agar bisa secepatnya dijual. Namun, para pelaku keburu diringkus sebelum truk tersebut sempat dijual.

Salah seorang pelaku mengungkapkan, surat kendaran palsu itu dibelinya dari iklan lelangan. Rencananya, hasil penjualan truk akan digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari dan membayar hutang.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up