alexametrics

Pasca Ledakan di Monas, DPR Minta Pengamanan di Ring Satu Diperketat

3 Desember 2019, 15:50:05 WIB

JawaPos.com – Ledakan terjadi pada pagi hari ini, Selasa (3/12), di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Akibatnya dua orang dari anggota TNI mengalami luka-luka dan dibawa ke RSCM guna mendapatkan penanganan serius.

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsudin mengatakan, perlu ada perhatian serius bagi pengamanan di sekitar ring satu, atau tempat kepala negara bekerja. Sebab, jarak Monas dengan Istana Negara sangatlah dekat.

“Ya tentu evaluasi itu, tentu (perlu) dalam areal yang cukup prime ya. Krusial,” ujar Aziz di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/12).

Sebagai salah satu objek wisata, Monas juga menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. Sehingga keamananannya pun perlu diperhatikan.

“Nanti kami minta pada aparat kepolisian bisa menuntaskan masalah ini. Tentu bekerja sama dengan instansi-instansi lembaga terkait dan penuntasan masalah yang mengganggu rasa aman masyarakat,” katanya.

Politikus Partai Golkar ini meminta masyarakat untuk tidak gegabah menyimpulkan ledakan tersebut dilakukan oleh teroris. Hal ini mengingat adanya dua hari raya, yakni Natal dan Tahun Baru.

‎”Khusus dalam rangka menyambut hari Natal dan Tahun Baru kita harapkan pihak Kepolisian juga dari seluruh elemen masyarakat membantu agar perayaan Natal dan Tahun Baru merupakan perhelatan bersama memberikan rasa aman dan tenang,” pungkasnya.

Sekadar informasi, dua prajurit TNI mengalami luka akibat terkena dari ledakan di kawasan Monas, Jakarta. Saat itu prajurit TNI tersebut sedang olah raga pagi, sekira pukul 07.20 WIB.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono dalam konferensi persnya me‎ngatakan, ledakan itu berasal dari geranat asap. Berdasarkan informasi sementara, prajurit TNI tersebut menemukan sebuah bungkusan plastik yang di dalamnya adalah granat asap.

Kapolda menegaskan, saat ini sedang dilakukan pemeriksaan intensif mengapa ada granat asap di kawasan Monas itu. Tidak ada penutupan area di kawasan sekitar Monas.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads