alexametrics

Granat Asap Meledak di Monas, Begini Respons Istana

3 Desember 2019, 11:40:35 WIB

JawaPos.com – Ledakan yang terjadi di area Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12), dipastikan tidak akan mengganggu aktivitas di Istana Negara. Sehingga, jadwal Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini tidak mengalami perubahan.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman. “Istana baik-baik saja. Agenda semuanya jalan, dari pukul 9.30 tadi menerima rektor, Menristek, lalu jam 10 menerima rektor UI lalu ada pertemuan dari Jepang, terus pukul 14.00 ada presidensial lecture tentang pancasila. Nggak ada yang ditunda,” kata Fadjroel di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12).

Dia pun memastikan pengamatanan Istana berjalan normal. Tidak ada penambahan pasukan maupun pengetatan. “Biasa aja, nggak diperketat, di sini aja yang diperketat,” tegasnya.

Fadjroel menyampaikan, Jokowi sudah mendengar peristiwa ini. Presiden meminta agar kasus ini diusut tuntas. Dan meminta kepada kepolisian agar bertindak tegas apabila ditemukan ada pelanggaran hukum.

“Pak Jokowi tegas, segala tindak kekerasan apapun motifnya harus ditindak secara tegas. Itu saja hari ini,” jelasnya.

Fadjroel pun memastikan Jokowi tidak khawatir atas kejadian ini. “Waktu bom Thamrin aja dia datangi,” pungkasnya. Meski begitu, Fadjroel belum bisa memastikan apakah Jokowi akan meninjau lokasi ledakan di Monas atau tidak.

Ledakan terjadi di kawasan Monas, Selasa (3/11) pagi. Ada korban akibat ledakan itu. (Istimewa)

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono memastikan ledakan di Monas, Jakarta Pusat berasal dari granat asap. Meski begitu, dia belum bisa memastikan kenapa granat asap tersebut ada di area tersebut dan akhirnya meledak.

“Ini granat asap. Ini masih cari info lebih lanjut. Kami sampaikan ini bukan sesuatu yang luar biasa, kita dalami kenapa itu di temukan,” kata Gatot di lokasi, Selasa (3/12).

Gatot menuturkan, penemuan granat asap ini terjadi pukul 07.16 WIB. Akibat kejadian ini dua orang anggota TNI harus mengalami luka. Yaknu Serka Fajar luka di tangan kiri. Dia masih sadar saat terkenda ledakan.

Korban kedua yakni Praka Gunawan mengalami luka ringan di paha. Keduanya sudah dilarikan ke RSPAD Gatot Subroto Jakarta guna mendapat perawatan.

“Kedua korban sedang olahraga. Kantornya ada di Jalan Medan Merdeka Timur, setiap Selasa memang jadwalnya olahraga,” imbuh Gatot.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads