JawaPos Radar

Beprestasi, Basaria Terima Penghargaan HUT Polwan ke-70

03/09/2018, 14:15 WIB | Editor: Dida Tenola
Beprestasi, Basaria Terima Penghargaan HUT Polwan ke-70
Komisioner KPK Basaria Panjaitan (kanan) (Dokumen JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah polisi wanita (polwan) berprestasi mendapatkan penghargaan. Award itu diberikan dalam rangka HUT Polwan ke-70. Salah satunya adalah Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen (Purn) Basaria Panjaitan.

Basaria diberi penghargaan karena tercatat sebagai perempuan pertama yang berpangkat Inspektur Jenderal (bintang dua) di dalam sejarah Polri. Dia juga polwan pertama yang diangkat menjadi pimpinan KPK pada 2015. 

Mendapatkan penghargaan itu, Basaria merasa senang. Dia mengatakan, sebagai polwan, sejatinya tidak hanya harus memiliki kedudukan dan kesempatan yang sama tinggi dengan polisi pria. Namun para Polwan juga harus menunjukkan kemampuan mereka."Dengan menempa dirinya juga, berinvestasi di segala bidang untuk membuat dirinya dipandang dan diakui di Kepolisian Republik Indonesia" ujarnya selepas menerima penghargaan di lapangan Monas, Jakarta, Senin (3/9). 

Selain Basaria, Polri juga memberikan penghargaan kepada sosok-sosok polwan yang berprestasi. Salah satunya adalah Brigjen Pol (Purn) Rumiah. Mantan perwira tinggi itu diberi penghargaan karena menjadi polwan pertama se-Indonesia yang menjabat sebagai Kapolda. Lalu ada pula Brigjen Pol Sri Handayani yang sejak 8 Maret 2018 mengemban amanat sebagai Wakapolda Kalimantan Barat.

Mereka yang berhasil mengungkap kasus juga diganjar penghargaan. Antara lain, Kombespol Murnila yang berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencucian uang dengan nilai transaksi Rp 3,6 triliun.

Ada juga nama Kompol Rosana Albertina. Polwan asal Ambon itu menjadi satu-satunya wanita yang ikut membongkar jaringan narkoba skala internasional asal Taiwan di Anyer, Banten. 

Selanjutnya, AKBP Yuli Cahyanti yang pernah mendapatkan misi di UNAMID Sudan dan menjadi salah satu panelis sidang special comite for peacekeeping operations di Markas Besar PBB pada 2017 juga mendapat penghargaan sebagai polwan berprestasi. Begitu pula  AKBP Siwi Erma Andriani karena menjadi mentor Tim Ekspedisi Carstensz Polwan pada 2017.

Binmas Polsek Nimbokrang, Polres Jayapura Bripka Eka Irianingsih Bosta turut menerima penghargaan karena mampu membentuk Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di Kampung Nembukrang Sari. Eka juga tercatat sebagai pengajar di Sekolah  Pelopor Keadilan  (SPK).

Penghargaan selanjutnya diberikan kepada AKP Sulastri yang menjabat sebagai Pamin Unit Subbid Analis Bidintelijen Densus 88 Anti-teror. Dia  merupakan salah satu korban kerusuhan berdarah saat melakukan penjagaan terhadap napi teroris dalam rutan Brimob, Kelapa Dua.

Penghargaan terakhir diberikan kepada Bripda Akyko Michael Kapita, penyabet perunggu cabang olahraga sepak takraw pada Asian Games kemarin. Saat ini Akyko bertugas sebagai tim Gegana Satbrimob Polda Sulteng.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up