JawaPos Radar

3 WNI Simpatisan ISIS Diproses di Malaysia?

02/08/2018, 13:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
3 WNI Simpatisan ISIS Diproses di Malaysia?
Wakapolri Komjen Syafruddin. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang diduga berafaliasi dengan kelompok teroris ISIS belum dideportasi dari Malaysia. Mereka rencananya akan diproses hukum di negeri Jiran itu.

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin sebelumnya mengatakan mereka tidak akan diproses hukum di Indonesia. Namun dia membantahnya. "Saya tidak menyatakan diproses di sini, saya bilang sedang dikoordinasikan antara otoritas Indonesia dan Malaysia," kilahnya saat ditemui di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Kamis (2/8).

Kata dia, mereka yang melakukan pidana bisa diproses dimana saja. Bisa sesuai lokasi mereka melakukannya.

"Namanya hukum itu di mana saja diproses di dunia ini, kan sama saja. Tidak mutlak harus diproses di sini," tegas Syafruddin.

Saat ini, ketiga WNI kabarnya masih diperiksa oleh penyidik PDRM bekerja sama dengan Kepolisian Indonesia. "Di Malaysia dengan kepolisian Indonesia. Kan sama-sama, semua join operation," pungkas Syafruddin.

Sebelumnya, pada 20 Juli 2018, Syafruddin mengatakan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sedang berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) terkait deportasi ketiganya. "Sedang dikoordinasikan dengan aparat (Polisi) Diraja Malaysia, antara BNPT dan PDRM," kata Syafruddin.

Diketahui, selama operasi keamanan pada 12-17 Juli, kepolisian Malaysia menangkap 7 orang teroris, yakni 4 warga Malaysia, dan 3 orang diduga WNI. Mereka juga diduga terlibat dalam kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Negara Islam Indonesia (NII). Mereka dituding menargetkan pembunuhan terhadap Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up