alexametrics

Eks Sekretaris MA Nurhadi Dituntut 12 Tahun Pidana Penjara

2 Maret 2021, 22:11:51 WIB

JawaPos.com – Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi dituntut 12 tahun pidana penjara dan denda Rp 1 miliar subsider enam bulan, oleh jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nurhadi dinilai menerima suap dan gratifikasi dalam pengurusan perkara di MA.

Selain itu, Rezky Herbiyono yang merupakan menantu Nurhadi dituntut 11 tahun pidana penjara dan denda Rp 1 miliar subsider enam bulan kurungan.

“Nurhadi dan Rezky Herbiyono terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi,” kata Jaksa Lie Putra Setiawan membacakan surat tuntutan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa (2/3).

Keduanya juga dijatuhkan hukuman tambahan berupa uang pengganti sebesar Rp 83.013.955.000. Uang pengganti ini selambat-lambatnya dibayarkan satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap.

“Jika dalam waktu tersebut para terdakwa tidak membayar uang pengganti, maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk membayar uang pengganti tersebut. Dalam hal tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana penjara masing-masing selama dua tahun,” ujar Jaksa.

Jaksa meyakini, Nurhadi dan menantunya, Rezky Herbiyono menerima gratifikasi senilai Rp 37.287.000.000 dari sejumlah pihak yang berperkara di lingkungan pengadilan tingkat pertama, banding, kasasi, hingga peninjauan kembali (PK).

Editor : Kuswandi

Reporter : Muhammad Ridwan




Close Ads