alexametrics

Dari OTT Bupati Probolinggo, Calon Pj Kades Wajib Setor Rp 20 Juta

1 September 2021, 12:09:52 WIB

JawaPos.com – Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Pasangan suami istri (pasutri) itu disangka menerima suap Rp 352,5 juta terkait dengan pengaturan jabatan penjabat (Pj) kepala desa (Kades) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Selain Hasan-Tantri, KPK menetapkan 20 orang lain sebagai tersangka. Dengan demikian, total ada 22 orang yang dijadikan tersangka dalam praktik jual beli jabatan tersebut. Perinciannya, 4 orang tersangka penerima suap dan 18 lainnya pemberi suap. Jumlah tersangka yang ditetapkan secara bersamaan dalam satu OTT itu tercatat paling banyak yang pernah dilakukan KPK selama ini.

”Betul (tersangka terbanyak saat OTT). Ini (OTT Probolinggo) terbanyak yang ditetapkan sejak penyidikan awal setelah ekspose (gelar perkara, Red),” kata Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Penyelidikan (nonjob) KPK Harun Al Rasyid kepada Jawa Pos kemarin (31/8). Harun merupakan pegawai KPK yang memberikan arahan dalam OTT itu.

Sebelumnya, KPK pernah mengumumkan penetapan 22 anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka sekaligus pada September 2018. Namun, penetapan itu merupakan pengembangan dari penyidikan kasus sebelumnya. Yakni, kasus suap dan gratifikasi terkait dengan pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perubahan APBD 2015 Kota Malang.

Penetapan tersangka jual beli jabatan di Probolinggo diumumkan KPK sekitar pukul 02.00 kemarin. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkapkan, dalam OTT yang dilakukan pada Senin dini hari (30/8) itu, pihaknya mengamankan barang bukti uang tunai Rp 352,5 juta dan sejumlah dokumen. Salah satunya dokumen proposal usulan nama Pj Kades.

Alex, sapaan Alexander Marwata, menyebutkan, Hasan-Tantri diduga menerima suap bersama dua orang lain. Yakni, Camat Krejengan Doddy Kurniawan dan Camat Paiton M. Ridwan. Saat diamankan, Doddy tengah membawa uang tunai Rp 240 juta dan proposal berisi nama-nama aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Probolinggo yang ingin menjadi Pj Kades.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : tyo/riq/c19/c9/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads