alexametrics

Djoko Tjandra Ditangkap, DPR Berharap Harun Masiku Segera Diringkus

1 Agustus 2020, 17:07:45 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi III DPR RI, Didik Mukrianto mengatakan masih ada pekerjaan rumah bagi aparat penegak hukum usai Djoko Tjandra yang telah 11 tahun menjadi buron berhasil ditangkap. Menurut Didik, saat ini masih ada Harun Masiku yang masih menghirup udara bebas karena aparat penegak hukum masih belum bisa menangkapnya.

“Kita berharap agar Polri segara menangkap buron-buron lain termasuk beberapa buron KPK yang saat ini menikmati kebebasannya yakni Harun Masiku,” ujar Didik kepada wartawan, Sabtu (1/8).

Didik berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga bisa turun tangan memerintahkan aparat penegak hukum untuk memburu Harun Masiku. “Tertangkapnya Djoko Tjandra mestinya Presiden harus mempunyai kebijakan politik yang kuat dan memerintahkan para aparatnya agar para buron yang lain termasuk Harun Masiku bisa tertangkap,” ungkapnya.

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, banyak kerusakan sistem, aparat dan institusi yang berpotensi terjadi akibat perilaku seorang Djoko Tjandra. “Mudah-mudahan sistem hukum termasuk Mahmakah Agung tidak menjadi target kerusakan berikutnya oleh Djoko Tjandra,” ungkapnya.

Dengan tertangkapnya Djoko Tjandra dan belajar dari apa yang dilakukan buronan tersebut, menjadi kesempatan pemerintah untuk menggali dan memastikan tentang rusaknya sistem, aparat dan sarana kelembagaan yang dikendalikan atau setidak-tidaknya dipergunakan untuk melakukan kejahatan.

“Pemerintah, aparat dan institusi penegak hukum harus segera melakukan pembenahan dan perbaikan sistem. Kalau perlu lakukan audit untuk menemukan kerusakannya, agar tidak akan terulang lagi di kemudian hari,” ungkapnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads