JawaPos Radar

Pasca Bom Surabaya, 242 Terduga Teroris Belum Bebas

01/08/2018, 14:50 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pasca Bom Surabaya, 242 Terduga Teroris Belum Bebas
Ilustrasi terduga teroris. (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Markas Besar Kepolisian (Mabes Polri) telah menangkap 242 orang yang diduga teroris pasca serangan bom di Surabaya. 21 pelaku diantaranya terpaksa ditembak karena melakukan perlawanan.

Dari ratusan terduga teroris itu, kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, belum ada satupun yang dibebaskan. "Sampai saat ini saya belum dapat informasi yang dibebaskan, semuanya ditangkap dan masih diproses, dititip di Polres-Polres," kata dia di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (1/8).

Tak menutup kemungkinan jumlah itu bertambah. Setyo mengatakan, pihaknya bisa meringkus mereka yang diduga akan melakukan aksi teror bahkan diduga masuk ke dalam jaringan teroris setelah ada Undang-Undang Teroris yang baru.

"Di undang-undang yang baru ini kita sudah boleh menangkap mereka, memeriksa mereka kalau kita temukan bukti-bukti yang kuat, kita bisa proses lanjut, kalau tidak, kita bisa bebaskan," jelasnya.

Terlebih sudah ada keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan bahwa Jamaah Anshorut Daulah (JAD) adalah organisasi yang berafiliasi dengan ISIS. "Ditambah lagi bahwa JAD ini organisasi terlarang maka akan memudahkan lagi untuk Polri memberantas terorisme," pungkas Setyo. (dna)

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up