alexametrics

4 Perusuh yang Bakar Bus Brimob di Slipi Ditangkap Polisi

1 Juni 2019, 13:07:25 WIB

JawaPos.com – Kasus kerusuhan di Kawasan Jakarta Barat kembali diungkap pihak kepolisian. Setidaknya ada empat perusuh yang berhasil diamankan. Mereka ternyata sudah merencanakan kerusuhan itu sampai membakar mobil Brimob di Slipi Jakarta Barat.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan para perusuh di kawasan Jakarta Barat menggondol beberapa senjata milik polisi saat merusak mobil Brimob. “Mereka melakukan perusakan terhadap kendaraan Brimob dan juga pencurian terhadap properti yang ada di mobil. Selain itu, Ada beberapa seperti senjata laras licin dan sebagainya (yang dicuri),” kata Hengki Haryadi, Sabtu (1/5).

Hingga kini polisi masih mendalami asal-muasal senjata yang mereka pakai untuk menyerang aparat. Senjata itu mulai dari senjata tajam, benda keras, benda tumpul, bom melotov hingga anak panah yang dilumuri racun ujungnya. Diyakini kuat kalau para perusuh ini memang berniat melakukan penyerangan dan perusakan. Para perusuh sebab baru keluar dini hari bukan saat unjuk rasa terjadi.

“Ya mereka mulai gerakannya itu pada pukul 02.00WIB dini hari dan sudah mempersiapkan alat-alat untuk melakukan penyerangan. Mereka melakukan perlawanan terhadap petugas dan sasarannya sudah jelas bahwa ini adalah petugas termasuk properti milik kepolisian dan juga asrama,” tuturnya.

Bus polisi rusak dan dibakar perusuh di wilayah Kemanggisan, Jakarta Pusat. (DeryRidwansah/JawaPos.com)

Polisi menyebut keempat perusuh 21-22 Mei yang merusak mobil Brimob merupakan komplotan preman. Mereka diduga dibayar untuk membuat onar. “Ada beberapa kelompok ya ada yang preman tapi yang lain sedang kita dalami. Memang sudah direncanakan semua itu fix perusuh semua dan juga dibayar,” ucapnya.

Hengki menambahkan pihaknya sudah melakukan profiling atas peran-peran mereka dalam kerusuhan 21-22 Mei. “Kemarin kita lakukan rekonstruksi untuk mengetahui Peran masing-masing di mana posisi apa yang dilakukan dan sebagainya,” katanya

Tapi, Hengki mengaku belum bisa membeberkan apa saja peran-peran keempatnya. Pasalnya bukan hanyak keempat orang itu, pihaknya sampai sekarang belum rampung memilah peran-peran ratusan perusuh yang telah diciduk. “Karena ini sebagian besar dari luar tapi ada juga yang dari Jakarta sementara kita tangkap yang Jakarta untuk tahu indikasinya bagaimana,” ucap dia lagi.

Polres Metro Jakarta Barat trlah menciduk sebanyak 189 perusuh itu. Dimana empat diantaranya yang baru diciduk pada 30 Mei 2019 kemarin merupakan pelaku perusakan terhadap mobil milik Brimob.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads