alexametrics

Berencana Rampok Mobil ATM, Terduga Teroris di Bandung Ditangkap

1 April 2019, 15:45:05 WIB

JawaPos.com – Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap salah seorang terduga teroris kelompok JAD wilayah Bandung. Tepatnya di Desa Bojong Malaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Ditangkap Kamis 28 Maret kemarin di rumah kontrakannya di Bandung. Tersangka tersebut atas nama WP alias Syahid,” kata Kelapa Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Senin, (1/4).

Penangkapan WP dikarenakan adanya komunikasi dengan jaringan kelompok teroris asal Sibolga dan Lampung. Rencananya, mereka akan melakukan aksi amaliyah di wilayah Jawa Timur. Yakni, dengan merampok mobil yang membawa uang untuk pengisian Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

“Targetnya jelas, masih kumpulkan dana dalam rangka lakukan aksi secara masif. Mobil pengisian ATM yang jadi sasaran kelompok mereka,” jelas Dedi.

Namun WP tidak sendiri. Diduga masih ada sekitar 6-8 rekannya dari JAD Bandung yang akan melakukan aksi ini. Densus masih mengejar keberadaan mereka.

“Otak dari pelaku ini berinisial A. Masih diburu 6-8 orang lain. Ini yang komunikasikan antara kelompok Lampung, Jabar dan Jatim,” ujarnya.

Adapun yang pasti, uang hasil merampok mobil pembawa uang ATM akan digunakan untuk merakit bom. “Mereka sudah merencanakna aksi setelah mendapat uang dari aksi rampokan terhadap mobil membawa uang isi ATM, membeli peralatan, dan mereka melakukan amaliyah di Jabar dan Jatim,” tutur Dedi.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini


Close Ads
Berencana Rampok Mobil ATM, Terduga Teroris di Bandung Ditangkap