alexametrics

Menkeu Sindir Jangan Melulu Good News

28 September 2015, 23:00:00 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro berjanji akan mendorong kinerja ekspor yang masih loyo.  Boleh jadi permintaan sepi akibat komoditas anjlok dan pelemahan nilai tukar.

"Melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor  Indonesia (LPEI), kita dukung penuh ekonomi kreatif. Utamanya ekspor yang sifatnya perintis, baik sisi produk maupun negara tujuan," ungkapnya.

Katanya, LPEI dinilai bukan dari profit namun kesanggupan mendukung ekspor yang sifatnya adventurir dan perintis baik produk maupun negera tujuan. Seperti Afrika, Asia selatan, Eropa Timur, Timur tengah, dan Amerika Latin. 

"Nah, kalau ekspornya  hanya ke Asia Timur dan ASEAN nilainya rendah. Jadi ini saya tekanan ke direksi LPEI bahwa jangan laporkan button  line bagus, karena saya gak peduli. Saya hanya mau lihat sudah bantu siapa saja," tegas dia.

Bambang memandang LPEI mempunyai misi khusus pembiayaan yang dibentuk UU.  "Ini bukan lembaga bisa, bank Mandiri saja gak pakai UU. LPEI pakai UU, maka perlu mengawal ekonomi kreatif berorientasi ekspor di lapangan,"

Apalagi, kata Bambang, pihaknya telah mengeluarkan peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk mendukung LPEI dalam menjalankan national interest acount. salah satunya ekonomi kreatif.

"Jadi kami terbantu salah satu national interest account yang akan dikembangkan adalah ekonomi kreatif. Ini Implementasi PMK dorong LPEI," tukasnya. (hyt/jpg)

Editor : idham

Copy Editor :

Menkeu Sindir Jangan Melulu  Good News