JawaPos Radar

Panglima TNI Minta Sejenis KRI dr Soeharso Ditambah

24/07/2018, 08:14 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Panglima TNI Minta Sejenis KRI dr Soeharso Ditambah
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat berlayar menyusuri Teluk Jakarta dengan KRI dr Soeharso. (Desyinta Nuraini/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap agar alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk lembaganya ditambah. Terutama pengadaan kapal Rumah Sakit seperti KRI dr Soeharso.

"Mudah-mudahan renstra ketiga, kita ajukan penambahan sejalan penambahan organisasi Koarmada dan dua, sekarang ada Armada III," ujarnya saat berlayar di Teluk Jakarta menggunakan KRI dr. Soeharso, Senin (23/7).

Jika disetujui untuk penambahan, dia ingin KRI Rumah Sakit yang baru nantinya ditempatkan di Komando Armada III yang letaknya di Sorong, Papua Barat. "KRI sejenis Soeharso bisa kita tempatkan di wilayah paling timur (Indonesia)," sebutnya

Sebab, di wilayah tersebut masih banyak masyarakat yang mungkin membutuhkan pengobatan. "Di timur masih banyak masyarakat yang berada di pesisir pulau-pulau yang perlu perhatian pengobatan dari kegiatan bakti TNI," tegasnya.

Berapa jumlah KRI yang diinginkan, Hadi tak mau muluk-muluk. Dia harus menyesuaikan rencana strategis dan keuangan negara. "Kita ingin idealnya, tapi kan sekarang berdasarkan minimum essentials force bukan berdasarkan ideal," jelas mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu.

Akan tetapi dia berpendapat, KRI Rumah Sakit memang sangat dibutuhkan untuk melengkapi Koarmada III.

Di sisi lain, dia mengatakan bahwa KRI dr Soeharso memiliki keistimewaan. Sebagai kapal perang, kapal tersebut bisa dimodifikasi menjadi Rumah Sakit kelas 1, 2, bahkan kelas 3.

KRI tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap. "Ada beberapa perlengkapan yang alat-alatnya mungkin kita ganti, karena KRI dr. Soeharso bukan untuk anggota TNI saja, tapi punya masyarakat di pulau terdepan," pungkas Hadi.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up