alexametrics

Dukung TNI-Polri, Publik Minta Aparat Tindak Tegas Pelaku Kerusuhan

24 Mei 2019, 21:29:27 WIB

JawaPos.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi Aksi Mahasiswa dan Masyarakat Indonesia Bersatu (Kami Bersatu) dan Pemuda Pancasila memberikan apresiasi terhadap TNI-Polri. Apresiasi diberikan karena TNI-Polri telah mengamankan pemilu 2019.

Selain apresiasi, mereka juga memberikan sejumlah makanan dan minuman kepada aparat yang bertugas melakukan pengamanan di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

Asep Ubaidilah, salah seorang koordinator Kami Bersatu merasa prihatin, pesta demokrasi yang sudah berjalan dengan kondusif, dicederai oleh sekelompok pihak perusuh pada aksi 21-22 Mei kemarin. Bahkan, ia menilai para perusuh telah melakukan tindakan cenderung anarkis.

“Gerakan Aksi pada 21-22 Mei kemarin bukanlah riil kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum, akan tetapi lebih tepatnya adalah gerakan yang mengganggu keamanan dan biang kerok terjadinya kerusuhan melalui provokator yang sudah by design,” kata Asep, di kawasan gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (24/5).

“Kami mendukung Polri dan TNI untuk menindak tegas perusuh demokrasi yang merugikan rakyat Indonesia,” sambungnya.

Menurutnya, jika memang ada pihak yang merasa dirugikan dalam kontestasi pemilu 2019 ini, maka seharusnya yang bersangkutan menempuh upaya hukum yang lebih tinggi. Pasalnya, itu merupakan hak setiap warga negara Indonesia.

“Tentu kita paham asas hukum pidana, siapa yang mendalilkan maka dia yang harus membuktikan. Bukan berarti malah sebaliknya, dengan membuat kerusuhan yang dilakukan oleh sekelompok pihak dan pada akhirnya masyarakat secara luas yang dirugikan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sapma Pemuda Pancasila (PP) DKI Jakarta, Shaquille Rekardianto menambahkan, pihaknya tak setuju tindakan yang dilakukan oleh sekelompok massa dalam aksi 21-22 Mei.

“Kami pada dasarnya menentang gerakan-gerakan di luar aturan hukum yang berlaku, dan pergerakan-pergerakan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia dan memecah-belah Pancasila. Kami PP mendukung TNI-Polri untuk mengamankan Indonesia,” tutur Shaquille.

Terpisah, anggota Brimob Iptu Suharyono mengaku berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh masyarakat. Hal tersebut menjadi dukungan agar jajaran TNI-Polri bekerja lebih baik lagi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada lapisan masyarakat yang mendukung TNI-Polri dalam kegiatan pengamanan ini. Agar masyarakat segera bersatu dalam membangun bangsa ini. Jangan sampai mau diadu domba oleh berbagai pihak yang menyebabkan bangsa tidak aman dan nyaman,” jelas anggota Brimob Polda Sulawesi Tengah ini.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua