JawaPos Radar

Jabat KSAL, Laksamana Siwi Sukma Ajdi Perkuat Komando Armada Sorong

24/05/2018, 10:13 WIB | Editor: Ilham Safutra
Jabat KSAL, Laksamana Siwi Sukma Ajdi Perkuat Komando Armada Sorong
Laksamana Siwi Sukma Adji (kiri) sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) menggantikan Laksamana Ade Supandi. (RAKA DENNY/JAWAPOS)
Share this image

JawaPos.com - Pucuk Komando Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) resmi berganti. Laksamana Madya Siwi Sukma Ajdi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) di Istana Negara, Jakarta kemarin (23/5). Dia menggantikan Laksamana Ade Supandi yang pensiun 1 Juni mendatang. Dalam pelantikan kemarin, pangkat Siwi juga naik menjadi Laksamana.

Usai pelantikan, Siwi mengatakan, pihaknya akan langsung bekerja. Yang utama adalah melanjutkan rencana stretegis (renstra) tahap II di periode 2014-2019 yang dicanangkan oleh KSAL-KSAL sebelumnya. "Program itu kan 5 tahun sampai 2019. Itu kan sudah terencana sudah ada. Kita tinggal meneruskan,” ujarnya.

Salah satu renstra tahap II yang akan dikembangkan adalah Komando Armada III di Sorong yang baru dibentuk awal bulan lalu. Seperti diketahui, Koarmada III merupakan pengembangan dari Koarmada yang sebelumnya hanya ada di Jakarta dan Surabaya. “Kita tinggal melengkapi personelnya. Kita tinggal geser alutsistanya ke sana,” imbuhnya.

Jabat KSAL, Laksamana Siwi Sukma Ajdi Perkuat Komando Armada Sorong
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal). Pangkatnya juga dinaikan jadi Laksamana. (RAKA DENNY/JAWAPOS)

Selain itu, dalam renstra II ada juga pengembangan produksi Kapal Selam dalam negeri. Seperti diketahui, dalam perjanjian pembelian kapal selam Indonesia – Korea selatan disepakati transfer of technology. Dari tiga kapal yang dipesan, kapal terakhir akan dibangun di Indonesia oleh PT PAL. Oleh karena, TNI AL harus terlibat mempersiapkannya.

"Tentu di situ sarana prasarana membangun kapal selam, sumber daya manusianya, teknologinya harus disiapkan,” tuturnya.

Di luar renstra, lanjut Siwi, pihaknya akan memaksimalkan kerja-kerja pengamanan di laut. Diakuinya, keamanan dan stabilitas di perairan Indonesia masih perlu dikawal terus. Sebab, masih ada sejumlah ancaman yang mengintai. Mulai dari ilegal fishing, peredaran narkoba, hingga penyelundupan barang illegal atau terlarang.

Untuk diketahui, Siwi merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-30 tahun 1985. Sejumlah jabatan strategis pernah diembannya. Antara lain Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada RI Wilayah Timur dan Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut.

Pada 2013, Siwi pernah menjabat sebagai Kasarmatim, dan menjabat sebagai Panglima Armada RI Wilayah Barat pada 2016. Lebih lanjut, Siwi Sukma juga sempat dipercaya sebagai Asrenum Panglima TNI. Dan sebelum menjabat KSAL, Siwi merupakan Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI sejak 2017.

(far/syn)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up