JawaPos Radar

Perintah KSAD Atas Maraknya Kecelakaan Alutsista di Matra Darat

23/03/2018, 09:22 WIB | Editor: Ilham Safutra
alutsista
Kasad Jenderal TNI Mulyono melakukan sertijab sejumlah pati TNI AD di Jakarta, Kamis (22/3). (DISPENAD FOR INDOPOS)
Share this image

JawaPos.com - Insiden yang melibatkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) matra darat yang terjadi belakangan ini menjadi sorotan utama bagi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono. Dia memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk menginvestigasi semuanya dengan baik.

"Jadikan hasil investigasi tersebut sebagai bahan evaluasi secara komprehensif," katanya saat sertijab enam Pangdam dan sejumlah pati TNI-AD kemarin (22/3). Baik untuk aspek sumber daya manusia (SDM), peranti lunak, prosedur penggunaan dan pemeliharaan, maupun pengadaan alutsista.

"Untuk mewujudkan zero accident dalam kegiatan di masa-masa berikutnya," tambah dia.

alutsista
KSAD Jenderal TNI Mulyono memerintahkan tidak ada lagi ada kecelakaan pada alutsista. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

KSAD juga memerintahkan seluruh jajarannya untuk kembali memastikan bahwa setiap program kerja sama yang melibatkan matra darat berjalan baik. Khususnya program serbuan teritorial serap gabah petani yang belum lama ini menjadi sorotan. "Evaluasi kembali MoU atau PKS (perjanjian kerja sama, Red) yang dijalankan selama ini," kata dia.

Seluruhnya harus dilakukan secara profesional dan melibatkan institusi hukum. "Agar tidak menimbulkan masalah baru yang berdampak pada institusi TNI dan menurunkan kepercayaan rakyat," terang Mulyono. Pesan tersebut berlaku untuk para pati TNI-AD yang menempati posisi dan jabatan baru. Khususnya yang diberi amanah dan kepercayaan untuk menjadi Pangdam.

KSAD menuturkan, mutasi dan promosi jabatan akan selalu terjadi. Di samping demi kepentingan pembinaan personel dan organisasi, promosi dan mutasi penting untuk menjaga kesinambungan dan penyegaran kepemimpinan. Pembinaan karir secara integral juga dilakukan melalui mutasi dan promosi. Yang pasti, dia sangat berharap mutasi dan promosi itu membawa TNI-AD semakin baik. 

(syn/c11/oki)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up