alexametrics

Resmi, Jokowi Lantik Menantu Hendropriyono Jadi KSAD

4 Bulan Sebelumnya Andika Jabat Pangkostrad
22 November 2018, 10:16:17 WIB

JawaPos.com – Tampuk pimpinan TNI mengalami pergeseran. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang selama ini dijabat oleh Jenderal Mulyono memasuki masa pensiun. Jabatan yang ditinggalkannya diisi oleh Pangkostrad Letjen Andika Perkasa.

Pengangkatan menantu Hendropriyono itu dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kamis (22/11). Hadir saat pelantikan itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menkopolhukam Wiranto. Dengan promosi jabatan ini, pangkat Andika Perkasa dinaikkan setingkat menjadi jenderal alias bintang empat.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Presiden Joko Widodo atas pemberhentian KSAD lama, dan pengangkatan KSAD baru. Semuanya tertuang di dalam SK Presiden Nomor 97 TNI Tahun 2018 yang ditetapkan oleh Jokowi pada 22 November 2018.

Resmi, Jokowi Lantik Menantu Hendropriyono Jadi KSAD
Presiden Jokowi memasangkan tanda pangkat jenderal untuk Andika Perkasa. (Bayu Putra/Jawa Pos)

“Dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya. Kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Mulyono dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dengan disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah diberikan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut. Kedua mengangkat Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” begitu bunyi petikan SK yang dibacakan oleh pengisi acara di Istana.

“Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 98 TNI tahun 2018 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI. Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa, Presiden Republik Indonesia menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan, dan seterusnya, menaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI. Atas nama Letnan Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Jenderal TNI terhitung mulai tanggal ditetapkannya,” ucap kembali pembaca SK.

Untuk diketahui, sebelumnya Andika menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad). Dia dilantik dalam jabatan tersebut pada 23 Juli 2018. Hanya bertahan 4 bulan, karir kembali melonjak dan saat ini menduduki kursi KSAD.

Sosok Andika bukanlah orang baru di lingkungan istana. Sebelumnya pada awal kepemimpinan Jokowi sebagai presiden dia ditunjuk sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). Selain itu dia juga dikenal sebagai menantu dari mantan Kepala BIN Hendropriyono.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)

Resmi, Jokowi Lantik Menantu Hendropriyono Jadi KSAD