alexametrics

Jokowi Blak-Blakan Alasan Tunjuk Menantu Hendropriyono Sebagai KSAD

22 November 2018, 11:56:50 WIB

JawaPos.com – Jenderal TNI Andika Perkasa telah resmi didapuk sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan pendahulunya Jenderal TNI Mulyono. Pergeseran roda kepemimpinan ini sendiri tak lepas dari gosip miring.

Pasalnya menantu mantan Kepala BIN, AM Hendropiyono itu baru empat bulan menjabat Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad). Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya blak-blakan alasannya memilih Andika ssbagai KSAD.

Menurut Presiden, rekam jejak Andika menjadi alasan utama pengangkatan tersebut. Sebab lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 itu telah menduduki sejumlah jabatan penting.

“Kami lihat rekam jejak Pak Andika, pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, kemudian pernah di Penerangan juga. Saya kira kemampuannya mumpuni,” ujar Jokowi di Istana Negara Jakarta, Kamis (22/11).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun mengungkapkan bahwa dalam seleksi KSAD sebetulnya ada empat kandidat. Setelah melalui pertimbangan matang, pilihan akhirnya dijatuhkan pada Andika.

“Dan pernah di Komandan Paspampres, komplit semuanya ya. Memang ada beberapa kandidat, tapi inilah yang kami putuskan,” ungkap Jokowi.

Sementara itu terkait isu miring melesatnya karir Andika dari Pangkostrad menjadi KSAD, Jokowi tak mau ambil pusing. Sebab faktanya prestasi karir Andika lah yang menjadi pertimbangan utama.

Lebih lanjut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengaku tak memberi penugasaan khusus kepada KSAD baru. Menurutnya, Andika sudah paham dengan jabatan barunya itu.

“Saya ndak usah kasih tugas khusus, tugas khusus. KSAD yang baru tahu lah apa yang harus dikerjakan untuk negara untuk bangsa, 100 persen tahu,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)

Jokowi Blak-Blakan Alasan Tunjuk Menantu Hendropriyono Sebagai KSAD