alexametrics

Andika Jabat KSAD, Politikus PDIP: Dia Doktor dan Pantas!

22 November 2018, 17:19:35 WIB

JawaPos.com – Pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai kepala staf angkatan darat (KSAD) mendapat apresiasi dari banyak pihak. Dari kalangan DPR menyatakan, menantu Hendropriyono itu pantas mendapat jabatan tertinggi di institusinya bertugas.

Anggota Komisi I DPR Andreas Huga Pareira mengatakan, penunjukan mantan Pangkostrad itu sebagai pimpinan tertinggi di matra darat TNI dianggap sudah tepat. Apalagi Andika sudah mengeyam pengalaman yang komplet di lingkungan militer. Mulai dari kesatuan, pendidikan militer, pengalaman jabatan elite militer maupun pemerintahan.

“Andika juga mengenyam berbagai jenjang pendidikaan, baik pendidikan militer maupun sipil. Di bidang pendidikan sipil, Andika telah meraih gelar doktor dalam bidang public policy dari George Washington University, AS,” ujar ‎Andreas dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (22/11).

Menurut Ketua DPP PDIP itu, Andika memulai karir di TNI sebagai prajurit infanteri. Lalu dia dipindahtugaskan ke kesatuan pasukan khusus (Kopassus) hingga beberapa kali menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon).

Di bidang teritori, imbuh Andreas, Andika memulai karirnya sebagai Danrem Kawal Samudera Kodam 1 Bukit Barisan dan Pandam Tanjungpura. Di lingkungan elite, dia pernah menjabat Sespri Kasum TNI sampai menjadi Komandan Paspampres.

“Dengan pengalaman militer, jenjang karir maupun pendidikan, pantas sekali dia mencapai posisi tertinggi di angkatannya,” katanya.

Senada dengan itu, anggota Komisi I DPR Arwani Thomafi menilai walaupun Andika terbilang muda untuk level jenderal, namun itu bukanlah hal yang aneh. “Tidak ada yang aneh dalam pelantikan ini. Penunjukan Andika sebagai KSAD TNI merupakan hal yang lazim, tour of duty biasa dalam sebuah organisasi, termasuk di TNI AD,” katanya.

Arwani menyebut, dengan jabatan baru ini Andika memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang harus segera dibereskan. Di antaranya modernisasi alutsista.

“Andika juga memiliki tugas penting untuk memastikan institusi TNI AD netral di tahun politik ini. Netralitas TNI di tahun politik menjadi hal utama untuk melanjutkan reformasi di institusi TNI,” pungkasnya.

‎Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan pelantikan Andika Perkasa berdasarkan pertimbangan yang matang. Dari empat nama yang disodorkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Andika merupakan sosok paling muda. Tapi Jokowi memilih tidak berdasarkan pada usia. Sebut saja, Sekjen Wantannas Letnan Jenderal Doni Monardo dan Wakil KSAD Letnan Jenderal Tatang Sulaiman.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (gwn/JPC)

Andika Jabat KSAD, Politikus PDIP: Dia Doktor dan Pantas!