JawaPos Radar

JK: Kelompok Santoso tak Akan Berkembang Lagi

21/07/2016, 08:27 WIB | Editor: Ilham Safutra
JK: Kelompok Santoso tak Akan Berkembang Lagi
Wakil Presiden Jusuf Kalla (dok. JPNN.com)
Share this

JawaPos.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kelompok Santoso CS tidak akan berkembang lagi setelah pentolan kelompok itu ditembak mati. Sangat mungkin kelompok itu akan meredup dan tidak bisa memperlebar sayapnya.

"Biasanya pemimpinannya turun yang lainnya bisa turun," ujar dia usai menghadiri peletakan batu pertama pembangunan asrama guru Pondok Modern Internasional Dea Malela di Pamanggong, Sumbawa, NTB, kemarin (20/7).

Meskipun begitu, pemerintah bukan berarti tidak waspada dengan keberadaan anak buah Santoso yang lain. Sebab, bibit-bibit teroris itu harus tetap jadi perhatian serius agar tidak mempengaruhi kelompok. "Mudah-mudahan tidak ada bahaya lagi," imbuh dia.

JK menuturkan selain itu untuk menekan keberadaan terorisme itu perlu pendidikan yang baik di masyarakat. Khususnya pendidikan yang mengajarkan toleransi yang selama ini telah tumbuh baik. "Pendidikan agama yang baik. Dan agama yang dinamis tapi toleran," kata dia.

Faktor ekonomi juga jadi perhatian. JK menyebut kalau keadilan ekonomi yang merata bisa pula menanggulangi bibir baru terorisme. "Pokoknya ya itu. Lapangan kerja," tambah dia.

Sebagaimana diketahui Santoso berhasil ditembak mati oleh tim Satgas Tinombaladalam kontak senjat selama lima jam di Poso, Senin (18/7).

Kontak tembak tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 di titik koordinat 20.27_6511 di Poso. Satgas Tinombala dalam baku tembak itu menghadapi lima orang anggota teroris Santoso cs. (idr/jun/gun/kim)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up