alexametrics

Prajurit Brimob Tewas, Iqbal Siapkan Rencana Rahasia Tumpas KKSB Papua

20 Maret 2019, 14:16:41 WIB

JawaPos.com – Kontak senjata antara aparat dengan Kelompok Kriminal Sparatis Bersenjata (KKSB) di Nduga, Papua kembali makan korban. Sejumlah prajurit luka-luka dam satu meniggal ditembus peluru musuh.

Terkait insiden itu, Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol M. Iqbal akan memberikan pengaman khusus di wilayah Nduga, Papua. Terutama jelang hari kampanye terbuka Pemilu 2019 yang akan dimulai pada 24 Maret-13 April.

“Ya jelas kita lakukan pengamanan khusus karena di situ kan daerah rawan. Jangan sampai pesta demokrasi ini diwarnai aksi-aksi itu,” ujar Iqbal di Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

Iqbal menuturkan, Polri dibantu oleh TNI sudah melakukan perencanaan pengaman strategis di daerah tersebut. Sistem pengamanannya pun berbeda dengan daerah lain yang tidak memiliki tingkat kerawan seperti Nduga.

Hanya saja, mantan Wakapolda Jawa Timur itu enggan menyebut total personil yang diterjunkan di Nduga. “Lebih banyak (dari daerah lain) saya tidak bisa sebutkan detail,” tegas Iqbal.

Diketahui,  Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin membenarkan, kontak tembak terjadi antara Brimob melawan tentara OPM KKSB, Rabu (20/3) pagi tadi. Tepatnya di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, sekitar pukul 07.30 WIT.

“Benar, satu anggota MD (meninggal dunia) dan tiga luka tembak,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (20/3).

Adapun insiden ini bermula ketika para anggota Brimob sedang melakukan pengamanan terhadap helikopter yang ingin mendarat di Distrik Mugi. “Bahwa korban sedang melaksanakan pengamanan pesawat heli yang melaksanakan dorlog di Bandara Mugi,” beber Martuani.

Namun seketika KKB melayangkan tembakan dan dibalas para anggota Brimob. Hingga akhirnya empat anggota mengalami luka tembak.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan

Copy Editor :

Prajurit Brimob Tewas, Iqbal Siapkan Rencana Rahasia Tumpas KKSB Papua