alexametrics

TNI-Polri Kompak, Putaran Kedua Pilgub DKI Jakarta Aman

18 April 2017, 14:21:10 WIB

JawaPos.com – Aparat TNI dan Polri bersatu padu menggelar kekuatan nan kompak untuk menghadapi tingginya eskalasi politik menjelang hari pemungutan suara putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Menghadapi hal itu, menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pengamanan menjadi hal yang sangat, mengingat Jakarta adalah barometer keamanan Indonesia.

Disebutkannya, dari pengalaman selama ini apapun sulitnya gerakan massa beberapa waktu lalu, demo cukup besar, semua dapat dikendalikan. Hal itu kuncinya kekompakan dan sinergi terutama unsur TNI dan Polri. “Insya Allah tugas ini akan kita lalui bersama,” ,” kata dia di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (18/4).

Keyakinan Tito bakal amannya Jakarta, karena ada unsur tidak ikut memberikan hak pilih, yakni TNI dan Polri. “Dengan tidak memiliki hak pilih itu diharapkan TNI/Polri menjadi pihak yang netral dan bisa melakukan pengamanan dengan baik,” sambung mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Selain pengamanan di tingkat pusat, kata Tito, pengamanan juga ada di tingkat kecamatan yang standby, di polres, termasuk di tingkat kotamadya, di tingkat provinsi ada standby TNI-Polri, dan di tingkat Mabes juga ada kekuatan standby.

Di kesempatan yang sama, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, warga Jakarta harus memilih pemimpin dengan aman dan damai.  “Hak memilih adalah konstitusi dan di situ dituntut negara hadir, jadi kalau masyarakat merasa takut dan tak aman dan tak bisa melaksanakan haknya maka negara tak hadir,” ucapnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini juga menginstruksikan kepada jajarannya agar, menjalankan perintah dengan baik. (elf/JPG)

Editor : Ilham Safutra


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
TNI-Polri Kompak, Putaran Kedua Pilgub DKI Jakarta Aman