alexametrics

OPM Klaim Punya Puluhan Ribu Prajurit, Wiranto: Itu Propaganda

17 Desember 2018, 17:45:42 WIB

JawaPos.com – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) telah mengklaim aksi pembunuhan sadis di Nduga, Papua merupakan atas tanggung jawabnya. Bahkan mereka menyebut memiliki basis pasukan di 29 wilayah operasi, di mana satu wilayahnya diisi oleh 2.500 prajurit. Jika dijumlah seluruhnya, maka kelompok mereka beranggotan 72.500 orang.

Menanggapi itu, Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto tidak begitu saja percaya atas klaim tersebut. Menurutnya itu hanya sebatas propaganda ganda untuk membuat citra KKB ini menjadi menakutkan.

“Udah jangan didengarkan namanya itu orang pengen berjuang untuk propaganda. Tadi nitip Pak Kapolri bilang propaganda-propaganda terus jadi kita nggak mau dengar kan,” kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin (17/12).

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, Indonesia memiliki satuan intelijen yang bekerja memantau pergerakan KKB Papua ini. Termasuk jumlah anggota mereka dan markas dari kelompok itu.

“Kita punya intelijen sendiri Kita tahu apa yang mereka lakukan atau kekuatan mereka berapa, di mana mereka ada, tinggal kita selesaikan aja, jadi jangan dengarkan orang sudah ngaco,” tegasnya.

Di sisi lain, Wiranto menegaskan bahwa perbuatan mereka tidak dapat ditolelir lagi. Pembunuhan sadis ini harus dibalas dengan setimpal sesuai hukum yang berlaku.

“Orang atau negara bunuhin rakyat kok di dengarkan, itu kan sudah keliru besar. Kita ya kita dengarkan hati nurani kita, hukum kita dan kebijakan negara,” tandasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
OPM Klaim Punya Puluhan Ribu Prajurit, Wiranto: Itu Propaganda