JawaPos Radar

Diam-diam, Indonesia Miliki Tank Terkuat di Dunia

17/04/2018, 16:16 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Diam-diam, Indonesia Miliki Tank Terkuat di Dunia
Ilustrasi Tank tempur milik Indonesia (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pembuatan senjata yang dilakukan oleh PT Pindad sudah mulai dilirik ranah Internasional. Bahkan, Indonesia menjadi pembuat Medium Tank terbaru di dunia, yang dikerjakan bersama-sama dengan negara Turki.

Windu Paramarta salah satu Kepala Program pembuat Medium Tank, menuturkan jika tank yang ada saat ini adalah tank dengan model lama yakni model 15 sampai 20 tahun lalu. "Yang artinya jika ada teknologi terbaru yang diaplikasikan di tank tersebut, belum tentu akan teraplikasikan. Sebab teknologinya belum sampai pada zamannya," tutur Windu, di PT Pindad, Bandung, Selasa (17/4).

Sedangkan program ini yang sedang dikerjakan telah memasuki tahap pembuatan prototipe yang kedua. Sebab sudah terkonsep sejak tahun 2010, kemudian dilakukan tahap penetapan spesifikasi sejak tahun 2015.

Tank yang diakui sebagai medium tank pertama di dunia ini, akan digunakan untuk menggempur dan memusnahkan musuh. Baik itu yang setara dengan jenisnya, ataupun jenis yang lebih tinggi dari tank itu sendiri.

"Tupoksinya sebagai tank tempur utama untuk menggempur dan menghancurkan musuhnya yang sekelas atau lebih tinggi," kata Windu.

Windu menambahkan tank tempur utama yang saat ini sedang dibuat adalah prototipe kedua setelah sebelumnya dibuat di Turki. Dia juga mengungkapkan prototipw kedua ini dibuat tanpa adanya pengawasan langsung dari Turki. "Kemudian yang kedua ini bulenya yang dari turki ini ngga ikut. Ketika dia dateng lagi dia bilang 'hebat jago'. Terus lihat hasil yang ini bagus. Mengingat alat di Indonesia belum sepenuhnya memadai," Tukasnya

(ipy/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up