JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kata Prabowo RI Hanya Bisa Perang 3 Hari, Menhan: 1.000 Tahun Pun Bisa

16 Januari 2019, 20:57:08 WIB
Kata Prabowo RI Hanya Bisa Perang 3 Hari, Menhan: 1.000 Tahun Pun Bisa
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (16/1). (Ridwan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam pidato kebangsaannya pada Senin (14/1) malam, menyinggung kekuatan militer Indonesia. Dia menyebut, Indonesia hanya akan bertahan selama tiga hari jika terjadi perang.

Prabowo mengatakan, pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) saat ini, Ryamizard Ryacudu. Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu membantahnya. Dia menegaskan, Indonesia bisa bertahan 1.000 tahun jika mengalami perang.

"Kalau kita perang, bisa eksis kok sampai 1.000 tahun. Jadi, apa yang ada di bumi bisa itu kita gunakan. Kita makan hidup dari situ. Jadi, kita enggak khawatir berapa tahun kita berperang. 1.000 tahun kita mampu berperang," kata Ryamizard di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (16/1).

Ryamizard menjelaskan, pernyataan yang dilontarkan mantan Danjen Kopassus itu memang dikeluarkan olehnya. Namun, informasinya itu melihat kondisi pada 10 tahun lalu, yang saat itu sedang mengalami kelangkaan minyak.

Jika pada saat itu Indonesia mengalami perang selama tiga hari maka Indonesia tidak akan bertahan. "Kalau perang besar terus-menerus, tiga hari tiga malam pesawat jalan terus, kapal jalan terus, habis itu (minyak)," ucapnya.

Oleh karenanya, Ryamizard menyebut Prabowo tak perlu memotong pembicaraannya saat itu mengenai kelangkaan minyak.

"Bisa paham ya, ini jangan dipotong-potong, kita bisa perang berlarut selama 1.000 tahun. Jelas ya, semua kita mampu kok," pungkasnya.

Sebelumnya, Capres Prabowo Subianto menyampaikan pidato kebangsaan di Jakarta Convention Center (JCC). Dia menyinggung kekuatan militer Indonesia yang menurutnya hanya akan bertahan selama tiga hari jika terjadi perang.

Prabowo mengaku mendapat informasi tersebut dari Menteri Pertahanan saat ini, Ryamizard Ryacudu.

"Apakah ini negara kuat? Negara yang bisa langgeng? Bahkan menteri pertahanan yang sekarang mengatakan kalau Indonesia terpaksa perang hari ini, kita hanya bertahan 3 hari karena peluruh hanya 3 hari. Bukan saya yang sampaikan itu, menteri pertahanan yang sekarang. Beliau patriot dan ingin ini diketahui rakyat," jelas Prabowo, Senin (14/1).

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : Muhammad Ridwan
Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini