alexametrics

Kemendagri-Lemhanas Sepakati MoU Penguatan Sistem Birokrasi

15 Oktober 2018, 11:47:02 WIB

JawaPos.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Ikatan Notaris Indonesia (INI), dan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) melakukan pendatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU). Kerjasama ini dalam hal memperkuat terwujudnya birokrasi.

Gubernur Lemhanas, Letjen (Purn) TNI Agus Widjojo mengatakan, penandatangan MoU ini menekankan pada aspek pembentuan sumber daya manusia (SDM) yang lebih kuat. Langkahnya melalui berbagai pendidikan bersama serta pelatihan keahlian khusus.

“Secara umum nota kesepahaman Lemhanas RI dengan ketiga institusi meliputi penguatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan, pertukaran tenaga ahli dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Agus di kantor Lemhanas RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (15/10).

Lebih lanjut Agus berharap agar nota kesepahaman ini tidak menjadi ceremony belaka. Ia meminta acara ini diwujudkan dalam upaya memberkuat sektor ketahanan nasional.

“Sinergi 4 intitusi ini bisa menjadi upaya kita bersama memperkuat wawasan kebangsaan sebagai syarat mutlak terwujudnya ketahanan nasional yang tangguh,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyebut MoU ini merupakan kesepakatan lanjutan dari sebelumnya yang pernah dijalin selama 3 tahun ke belakang. Nantinya seluruh pejabat Kemendagri yang akan naik golongan, harus mengikuti pendidikan di Lemhanas.

“Yang pertama adalah pejabat-pejabat eselon 2 yang akan masuk ke eselon 1 di Kemendagri itu wajib untuk mengikuti (pendidikan) Lemhanas, kemudian Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati dan pimpinan DPR RI baik tingkat 1 maupun tingkat 2,” sambung Tjahjo.

“Ini penting buat kepala daerah yang dia dari latar belakang partai politik, latar belakang kelompok, golongan, maupun daerah tapi dengan mengikuti Lemhanas ini dia setidaknya sudah punya wawasan ketahanan nasional,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Kemendagri-Lemhanas Sepakati MoU Penguatan Sistem Birokrasi