JawaPos Radar

Royke Hingga Boy Rafli, Ini Daftar Rotasi Para Jenderal di Polri

13/08/2018, 15:14 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Royke Hingga Boy Rafli, Ini Daftar Rotasi Para Jenderal di Polri
Ilustrasi, Polri melakukan mutasi para Jenderal dalam rangka melakukan penyegaran (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian kembali melakukan perombakan di tubuh institusinya. Kali ini, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri turut menjadi sasaran.

Adapun perombakan itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VII/Kep/2018 yang dikeluarkan di Jakarta, Selasa (13/8), dan ditandatangani Karobinkar Brigjen Eko Indra Heri.

Salah satu jenderal yang dimutasi yakni Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Pol Royke Lumowa. Dia diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Maluku. Posisinya digantikan Brigjen Pol Refdi Andri yang sebelumnya menempati posisi Kepala Biro Provos Divpropam Polri.

Royke Hingga Boy Rafli, Ini Daftar Rotasi Para Jenderal di Polri
Ilustrasi (dok.JawaPos.com)

Terkait surat telegram ini, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, rotasi tersebut merupakan hal biasa yang terjadi di internal Polri. Salah satunya untuk penyegaran dalam menjalankan tugas.

"Betul, mutasi rutin dalam rangka penyegaran," kata dia saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (13/8).

Selain Royke, ada pula Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Didid Widjanardi yang dimutasi ke dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Sedangkan jabatan Sespim Lemdiklat Polri dijabat oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Redianto.

Untuk posisi Kakorlantas Polri saat ini dijabat oleh Brigjen Refdi Andri yang sebelummya menjabat Karo Provos Divisi Propam Polri. Sedangkan Kombes Hendro Pandowo yang sebelumnya Kapolrestabes Bandung saat ini mengisi posisi Karo Provos menggantikan Refdi.

Lalu, Kapolda Riau yang sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Nandang diganti oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Eko Prihastoko. Untuk posisi Wakapolda Jatim saat ini dijabat oleh Brigjen Pol Mohammad Iqbal yang sebelumnya menjabat Karopenmas Divhumas Polri.

Jabatan Karopenmas Polri lantas diisi oleh Brigjen Pol Dedi Prasetyo yang sebelumnya Wakapolda Kalimantan Tengah. Sedangkan pengganti Dedi diisi oleh Brigjen Pol Rikwanto yang jabatannya terdahulu sebagai Karo Multimedia Divhumas Polri.

Selanjutnya, Kapolda Sumatera Utara yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Paulus Waterpau diganti oleh Brigjen Agus Andrianto yang sebelumnya Wakapolda Sumut. Sedangkan Wakapolda Sumut saat ini dijabat Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto yang sebelummya menjabat Koorspripim Polri.

Selain itu, Irjen Pol Boy Rafli yang sebelumnya menjadi Kapolda Papua dimutasi mengisi posisi Wakalemdiklat Polri. Sedangkan Kapolda Papua dijabat Irjen Pol Martuani Sormin yang sebelumnya Kadiv Propam Polri.

Sementara itu, posisi Kadiv Propam Polri saat ini diisi oleh Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya Kapolda Banten. Kemudian jabatan Kapolda Banten saat ini diisi oleh Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya Karopaminal Divisi Propam.

Lalu, Kapolda Jatim Mahfud Arifin dimutasi sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri, jabatannya diganti Irjen Luki Hermawan yang sebelumnya Wakabaintelkam Polri.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana dirotasi menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri. Sedangkan, Kapolda Lampung diisi oleh Brigjen Pol Purwadi Arianto yang sebelumnya Wakapolda Metro Jaya.

Untuk saat ini, Wakapolda Metro Jaya ditempati oleh Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat yang sebelumnya menjabat Pati Baintelkam Polri.

Kapolda Kalsel irjen Pol Rachmat Mulyanan menjabat sebagai Sahlisosek Kapolri. Jabatan Kapolda Kalsel dijabat Irjen Pol Yazid Fanani yang sebelumnya Pati Baintelkam Polri.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up