alexametrics

TNI AL Kini Punya Kapal Selam Baru, Alugoro Mampu Menjelajah 50 Hari

12 April 2019, 17:39:07 WIB

JawaPos.com – Benteng pertahanan laut Indonesia bakal semakin kukuh. Sebab, TNI-AL mendapat tambahan alat utama sistem persenjataan (alutsista) berupa kapal selam Alugoro-405. Kemarin (11/4) kapal selam tersebut resmi diluncurkan di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia, Surabaya (11/4).

Acara itu dihadiri perwakilan PT PAL, TNI-AL, dan Kementerian Pertahanan. “Peluncuran ini merupakan terobosan besar,” kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu ketika diwawancarai awak media kemarin.

Kapal selam Alugoro-405 merupakan buatan perusahaan dalam negeri. Berbeda dengan kapal-kapal selam milik TNI-AL sebelumnya seperti Nagapasa-403 dan Ardadedali-404. Dua kapal tersebut dipesan dari negara lain. Sedangkan Alugoro dibuat PT PAL Indonesia dengan bantuan perusahaan dari Korea Selatan.

Penampakan Kapal Selam Alugoro-405 (Ahmad Khusaini/Jawa Pos)

Nama Alugoro dipilih bukan tanpa alasan. Alugoro merupakan nama alat pemukul yang dimiliki tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata itu berupa gada yang biasa digunakan para kesatria.

Kapal dengan panjang 61,3 meter tersebut memiliki kecepatan kurang lebih 21 knot di bawah permukaan air. Selain itu, kapal dengan kapasitas 40 kru tersebut mampu menjelajah lautan lebih dari 50 hari.

Menurut Ryamizard, kapal selam Alugoro membuka harapan baru bagi perindustrian teknologi dan persenjataan di Indonesia.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (yon/c9/oni)