alexametrics

Bukan Bom, Kata Wiranto Peledak Jenis Ini yang Dipakai Menumpas KKB

11 Desember 2018, 14:10:12 WIB

JawaPos.com – Belakangan tersiar kabar bahwa TNI menggunakan bom dalam upaya pemberantasan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Namun, hal itu lantas langsung dibantah oleh satuan militer Indonesia itu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto pun membantah isu tersebut. Dia memastikan tidak ada penggunaan bom dalam operasi di Papua. Tidak ada penggunaan senjata berat.

“Saudara sekalian saat ini memang ada isu bahwa TNI pakai bom. Nggak ada,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (11/12).

Meski demikian Wiranto membenarkan bahwa ada penggunaan bahan peledak dalam operasi di Nduga. Hanya saja dalam bentuk granat pelontar, bukan bom.

“Tapi bahwa kami gunakan granat pelontar iya,” jelas mantan Panglima TNI itu.

Lebih lanjut, Jenderal Purnawirawan TNI itu menerangkan bahwa bagi orang awam sulit membedakan antara bom dan granat. Sebab, suaranya sama kerasnya. Namun, pada dampak ledakan jauh berbeda.

“Suaranya (granat, Red) kalau buat orang awam sama dengan bom. Tapi barangnya beda,” pungkas Wiranto.

Meski ada kesamaan dalam hal suara ledakan, bom dan granat juga memiliki perbedaan sistem penggunaannya. Bom identik dengan dijatuhkan lewat udara, sedangkan granat dilontarkan melalui senapan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (sat/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Bukan Bom, Kata Wiranto Peledak Jenis Ini yang Dipakai Menumpas KKB