alexametrics

Tanah Bergerak Bikin Puluhan Rumah Retak

11 Desember 2016, 06:40:00 WIB

JawaPos.com – Sedikitnya 30 rumah warga di blok Mukti Rahayu Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka mengalami retak-retak. Para penghuni rumah khawatir retakan tersebut menjadi semakin parah. Kejadian itu diperkirakan akibat adanya pergerakan tanah.

Dari pantauan Radar Majalenga (Jawa Pos Goup), bukan hanya rumah yang menglami retak, kantor Pemdes Sidamukti juga mengalami retak-retak.

Salah seorang warga, Lilis Lisnawati (37) mengatakan dirinya takut jika menyusul ada getaran yang akan membuat retakan di dinding rumahnya semakin parah. Pihaknya meminta pemerintah segera menindaklanjuti dengan cara menurunkan bantuan untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

“Memang sudah ada yang meninjau tapi hingga hari ini belum ada tindak lanjutnya. Padahal harus segera diantisipasi mengingat saat ini curah hujan masih tinggi,” ujarnya, kemarin.

Warga lainnyaKhadijah (30) mengatakan hal yang sama. Dia juga meminta agar pemerintah segera merespons dan menindaklanjuti untuk mengantisipasi semua kemungkinan terburuk. “Kami takut karena bagaimanapun juga hujan saat ini masih terus berlanjut. Kami di sini masih khawatir rumah kami terbawa longsor,” ungkapnya.

Sementara Kepala Desa Sidamukti, Karwan membenarkan di blok tersebut sedikitnya 30 rumah mengalami retak-retak. Bahkan sejauh ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan pendataan sekaligus peninjauan. Sehingga diharapkan pendataan tersebut segera ditindaklanjuti.

“Dari instansi terkait sudah ada yang meninjau, insya Allah secepatnya akan segera diantisipasi,” ujarnya.

Dirinya meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan komunikasi dengan pemerintah desa, dan yang paling utama diharapkan tetap hati-hati dan waspada. “Sejauh ini BPBD tengah mengkaji denomena ini, masyarakat harus waspada dan hati-hati,” tambahnya. (bae/yuz/JPG)

Editor : Yusuf Asyari



Close Ads
Tanah Bergerak Bikin Puluhan Rumah Retak