JawaPos Radar

Laksda Ahmad Taufiqoerrochman Resmi Dilantik Sebagai Kepala Bakamla

09/11/2018, 18:33 WIB | Editor: Estu Suryowati
Laksda Ahmad Taufiqoerrochman Resmi Dilantik Sebagai Kepala Bakamla
Laksamana Madya TNI Ahmad Taufiqoerrochman ditunjuk menggantikan Laksamana Madya Arie Soedewo sebagai Kepala Bakamla, Jumat (9/11). (dok. humas Kemenko Polhukam)
Share this

JawaPos.com - Tongkat komando Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) resmi berpindah. Laksamana Madya TNI Ahmad Taufiqoerrochman ditunjuk menggantikan Laksamana Madya Arie Soedewo sebagai orang nomor 1 di lembaga tersebut.

Upacara pelantikan dilangsungkan di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Ditemui usai pelantikan, Ahmad mengatakan, sejumlah pekerjaan rumah sebagai Kepala Bakamla telah menantinya. Sejumlah sektor pun menjadi catatannya untuk segera dibenahi.

"Kami belum punya konsep operasi maritim, karena dari konsep ini akan terbentuk susunan bertempur. Dengan susunan bertempur baru akan bisa menyusun perencanaan yang bagus," ujar Ahmad.

Dia menilai, salah satu yang perlu diperkuat adalah manajemen logistik. Kemahiran Bakamla dalam mengelola kapal dan lainnya harus segera dibenahi.

Selain itu, lanjutnya, tak kalah penting dibenahi yakni sumber daya manusia. Mengingat Bakamla diisi pula oleh sejumlah utusan dari intansi di luar TNI, maka harus ada keselarasan pemahaman antarpetugas.

"Menajemen personel karena ini terkait dengan instansi lain yang menugaskan personelnya ke kami. Sehingga ini harus kami perbaiki mind set bagaimana membawa background masing-masing," jelas Ahmad.

Mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu juga mengatakan, kerja sama dengan negara tentangga harus diperkuat. Pasalnya area perairan Indonesia sangat luas.

"Di dunia kita punya ancaman yang sama di laut. Dan kita tidak bisa menghadapinya sendirian. Maka kuncinya adalah bekerja sama," pungkas Ahmad.

Namun, Ahmad menegaskan, target-target tersebut tidak bisa dikerjakan secara instan. Butuh waktu untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan baik.

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up