alexametrics

Jaga Stabilitas Negara, Wiranto Kumpulkan Ulama Bahas Akidah

9 November 2018, 11:19:30 WIB

JawaPos.com – Kementerian Kordinator Bidang Politik, Hukun dan Keamanan (Kemenko Polhukam) menggelar dialog kebangsaan bertema ‘Dengan Semangat Ukhuwah Islamiyah Kita Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa’. Acara dilangsung di aula Nakula gedung A Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Menko Polhukam, Wiranto mengatakan, dialog ini berlangsung santai. Dengan suasana coffe morning. Namun, materinya dibahas dengan serius. Kali ini persoalan akidah Islam yang ditekankan dalam dialog.

“Bicaranya santai tapi masalahnya serius, karena masalah akidah,” kata Wiranto di saat memberi sambutan.

Mantan Ketua Umum Partai Hanura itu menilai bahwa dialog kebangsaan ini penting untuk dilakukan. Pasalnya belakangan tengah tercium ada indikasi upaya membuat negara tidak stabil.

Indikasi tersebut datang baik dari gangguan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, kejadian pembakaran bendera di Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Peristiwa itu terbilang kejadian yang telah diproses secara hukum, namun diduga banyak ditunggangi oleh oknum tertentu.

“Ini ada indikasinya mau nggak stabil. Ada eskalasinya, harus kita cegah. Banyak di republik ini yang buat negara tidak stabil, baik dari luar sengaja dalam persaingan global atau dalam juga bisa,” sambung Wiranto.

Di sisi lain, mantan Panglima TNI itu menilai bahwa kestabilan negara merupakan hal yang sangat penting. Sebab akan berdampak pada kehidupan rakyatnya.

“Negara dihuni banyak orang, negara adalah satu wilayah manusia atau masyarakat dan pemerintahan yang sah. Kalau nggak bisa membangun berarti nggak bisa beri kemaslahatan pada umat,” tukas Wiranto.

Untuk diketahui, diskusi kebangsaan ini turut dihadiri oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin, dan Dirjen Polpom Kementerian Dalam Negeri, Akbar Ali. Hadir pula perwakilan sejumlah ormas Islam dan ulama. Seperti Sekjen Forum Umat Islam, Al Khaththath, hingga Ustad Yusuf Mansur.

Editor : Kuswandi

Reporter : (sat/JPC)



Close Ads
Jaga Stabilitas Negara, Wiranto Kumpulkan Ulama Bahas Akidah