JawaPos Radar

Dengan Alutsista yang Ada, Polairud Siap Kawal Poros Maritim

05/12/2017, 12:02 WIB | Editor: Ilham Safutra
Polairud
Kapolri Jenderal Tito Karnavian HUT ke-67 Korpolairud di Lapangan Udara Pondok Cabe, Tangsel, Selasa (5/12). (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Di usianya yang sudah 67 tahun, Korp Polisi Air dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri menghadapi tantangan besar. Apalagi saat ini pemerintah tengah berkonsentrasi mengembangkan poros maritim. Tentunya kepiawaian dari satuan khusus itu perlu diimbangi dengan kekuatan alutsistanya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut, saat ini untuk Polisi Air memiliki 1.016 unit alutsista, sedangkan Polisi Udara memiliki 58 unit alutsista yang terdiri atas 10 pesawat dan 48 helikopter.

Menurutnya, jumlah alutsista itu perlu ditambah demi kekuatan Polri. Sebab saat ini negara tengah mengonsentrasikan pembangunan pada poros maritim. Di sini Korpolairud memiliki peranan penting di perairan dan udara.

Polairud
Pasukan polisi udara. (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)

"Tentunya penambahan ini, aset utama kita ini sudah jauh lebih baik ketika keluar menjadi Polri yang mandiri," jelas Tito saat memimpin upacara HUT Korpolairud ke-67 di Lapangan Udara, Pondok Cabe, Tangerang, Selasa (5/12).

Peningkatan itu telah diupayakan dengan menyatukan polisi air dan udara yang dulunya berada dalam direktorat berbeda, kini digabung menjadi satu Korps tersendiri di bawah Baharkam Polri. "Kita tidak akan berhenti pada struktur itu, sehingga betul-betul (keberadaannya) dapat dirasakan masyarakat," ungkap Tito

Sementara itu untuk kontribusinya, Polairud dapat diterima keberadaannya dan menjadi bagian penting pelayan publik terhadap masyarakat. Terutama di sektor udara dan perairan. “Artinya diterima masyarakat,” lanjut Tito.

Kapolri berpesan kepada kepolisian air dan udara untuk untuk tidak berpuas diri dengan apa yang telah dicapai. Satuan ini harus terus membuat inovasi, dan terus meningkatkan pelayanan. Karena diterima saja tidak cukup, namun harus dicintai oleh masyarakat.

(ce1/rdw/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up