alexametrics

Panglima OPM Tewas setelah Baku Tembak dengan Polisi

2 Desember 2015, 05:05:00 WIB

JawaPos.com – Panglima Organisasi Papua Merdeka (OPM) Wilayah Timur, Erik Manitori bersama pengawalnya Yulianus Robaha, dilaporkan tewas tertembak di Kampung Wanapompi, Distrik Angkaisera, Kabupaten Kepulauan Yapen, Selasa (1/12).

Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Wong Niti Harto Negoro mengatakan, tertembaknya pucuk pimpinan OPM tersebut bermula saat anggotanya melakukan patroli ke arah Kampung Wanapompi sekitar pukul 05.30 WIT.

Wilayah yang dilewati yakni Kampung Kainui, Kampung Wawuti dan Kampung Wadapi. Saat tiba di Kampung Wanapompi sekitar pukul 07.15 WIT, sekitar 20 orang kelompok bersenjata melakukan penghadangan.

Menurut Wong, kelompok bersenjata yang mebawa parang dan senjata api rakitan ini mendekati anggota yang patroli dan melakukan penyerangan. Hal ini langsung direspons anggota dengan mengeluarkan tembakan peringatan.

Tembakan peringatan yang dikeluarkan anggota tidak diindahkan. Justru kelompok ini melakukan penembakan ke mobil patroli Dalmas. Sehingga baku tembak tak bisa dihindarkan.

Tidak lama kemudian, kelompok bersenjata ini melarikan diri ke dalam hutan. Usai baku tembak, anggota mendapati dua orang dari kelompok tersebut yang terluka.

"Keduanya sempat dilarikan ke RSUD Serui, namun sayang nyawanya tidak tertolong,” jelas kapolres saat dikonfirmasi Cendrawasih Pos (Jawa Pos Group).

Setelah dilakukan identifikasi, salah satunya adalah Erik Manitori yang selama ini diketahui sebagai Panglima OPM Wilayah Timur. “Sedangkan satu orang lagi yaitu pengawalnya bernama Yulianus Robaha," kata Wong.

Pihaknya selama ini telah berupaya melakukan pendekatan secara persuasif. Namun upaya tersebut tidak ditanggapi kelompok pimpinan Erik Manitori ini. Bahkan, kelompok ini berdasarkan laporan masyarakat diduga sering meresahkan masyarakat.

Hingga tadi malam, Kapolres Wong Niti Harto Negoro menyebutkan, kondisi Kamtibmas di wilayah hukumnya masih kondusif pascainsiden baku tembak di Kampung Wanapompi. Masyarakat masih melakukan aktivitasnya seperti biasa. (Il/nat/JPG)

Editor : husain

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads
Panglima OPM Tewas setelah Baku Tembak dengan Polisi