alexametrics

Tinggal di Rusunawa, Kini Prajurit TNI Bisa Hidup Nyaman

1 Februari 2019, 08:10:09 WIB

JawaPos.com – Tingginya intensitas dan beban tugas yang dijalani membuat prajurit TNI kerap tidak memiliki kesempatan untuk menempati tempat tinggal yang cukup layak. Kini mereka bisa hidup nyaman setelah menempati rumah susun sewa (rusunawa) khusus TNI/Polri.

Seperti halnya Sertu Hidayat Gunawan, anggota Kodam Jaya. Sejak dua tahun terakhir dia mengaku nyaman tinggal di Rusunawa TNI di Cililitan, Jakarta Timur. Menurutnya, Rusun TNI memiliki bentuk fisik dan kualitas bangunan yang baik.

“Saya berterima kasih sekali kepada pemerintah yang telah memberikan tempat tinggal yang sangat baik dan memuaskan,” ujar Sertu Hidayat.

Sementara itu, Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid menuturkan, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan lima rusun bagi anggota TNI Kodam Jaya. Rusun itu berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur. Pembangunan kelima rusun itu menelan anggaran dari APBN Rp 147 miliar.

Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, pembangunan rusunawa yang diperuntukkan bagi TNI dan Polri itu karena banyak prajurit yang belum memiliki hunian yang layak. Untuk itu, Kementerian PUPR berupaya mewujudkan ketersediaan hunian layak untuk anggota TNI dan Polri supaya mereka optimal dalam melaksanakan tugasnya.

“Kami berharap rusun ini bisa bermanfaat bagi para anggota TNI yang bertugas di Kodam Jaya. Semoga mereka bisa nyaman tinggal di Rusun ini bersama keluarga,” kata Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, dalam keterangan persnya yang diterima Jumat (1/2).

Lebih jauh Khalawi Abdul menerangkan, pembangunan rusunawa dilaksanakan sejak 2015 hingga 2017. Rusun itu terdiri atas 6 lantai itu dan dilengkapi dengan jalan lingkungan, drainase, lift, dan setiap unitnya disediakan furnitur. Dari keenam lantai itu dapat menampung sekitar 415 kepala keluarga (KK).

Selain di Cililitan, Kementerian PUPR juga membangun rusun untuk TNI di 24 provinsi lain. Sejak 2015 hingga 2018 sudah dibangun 114 tower atau 4.267 unit.

Selain rusun, pemerintah juga membangun 1.994 unit rumah khusus bagi anggota TNI. Rumah itu diperuntukkan bagi anggota TNI yang bertugas di kawasan perbatasan, pulau terdepan, dan terpencil.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : Uji Sukma Medianti

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Close Ads
Tinggal di Rusunawa, Kini Prajurit TNI Bisa Hidup Nyaman