alexametrics
Evakuasi Pesawat Lion Air

Panglima TNI: Ada Titik Terang Keberadaan 610

31 Oktober 2018, 09:26:32 WIB

JawaPos.com – Kerja keras tim SAR gabungan mulai membuahkan hasil melakukan pencarian bangkai bodi pesawat Lion Air JT 610. Keberadaan bodi pesawat yang jatuh di perairan Karawang itu sudah mendapatkan titik terang. KRI Rigel-933 milik TNI AL mendapat titik koordinat yang diduga bagian dari bangkai pesawat Boeing 737 MAX 8.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menturukan bahwa KRI Rigel yang memiliki kemampuan mendeteksi benda di dalam laut. Saat pendeteksian, benda itu diduga bangkai pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang yang jatuh pada Senin pagi (29/10).

“Saya mendapat penjelasan dari Kabasarnas tentang titik terang adanya dugaan kuat adalah bagian dari Fuselage (bodi pesawat) 610 itu sudah ditentukan koordinatnya. Akan tetapi belum diyakinkan bahwa itu fuselage dari 610,” kata Hadi di Jakarta International Container Terminal (JICT 2), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/10).

Panglima TNI: Ada Titik Terang Keberadaan 610
Infografis evakuasi pesawat Lion Air JT 610 (Kokoh Praba/JawaPos.com)

Menurut Hadi, pihaknya bersama Kabasarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi akan melihat langsung benda yang diyakini bagian dari pesawat Lion Air JT 610. Bahkan diyakini sebagian besar korban masih berada di dalam pesawat yang jatuh di perairan Karawang. “Jadi kemungkinan itu adalah tempat yang diduga kuat piuslik yang kita cari,” ujar Hadi.

Oleh karena itu, TNI di bawah koordinasi Basarnas akan melakukan penyelaman titik koordinat yang ditemui oleh KRI Rigel. “Kita fokus pada satu titik itu meyakinkan bahwa kita duga di dasar permukaan itu adalah bagian dari JT 610,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (rdw/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Panglima TNI: Ada Titik Terang Keberadaan 610