alexametrics
Pencarian Badan Lion Air JT 610

Evakuasi Terhalang Cuaca, Kabel ROV Sampai Kebawa Arus

31 Oktober 2018, 22:55:53 WIB

JawaPos.com – Basarnas mengeluhkan cuaca buruk di sekitar lokasi pencarian bangkai pesawat Lion Air JT-610 di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Selama tiga hari terakhir, pencarian dan evakuasi terkendala oleh arus bawah laut yang kencang.

Itu disampaikan oleh Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas  Nugroho Budi Wiryanto dalam jumpa pers di Gedung Basarnas, Rabu (31/10).

Karena kencangnya arus bawah laut, Remote Operated Vehicle (ROV) Seaeye Falcon DR milik Basarnas hampir terseret arus. “Saya lihat sendiri, kabel untuk ROV nyangkut tadi ke bawa arus. Jadi, kesulitan seperti itu yang kita hadapi di lapangan,” kata Nugroho.

Kendala cuaca juga dirasakan oleh sejumlah penyelam saat melakukan proses pencarian. Bahkan, arus deras membuat anak buah Nugroho kesulitan untuk menerjang masuk ke dalam pusat yang diduga titik bangkai pesawat.

“Kita tunggu dulu sampai agak tenang arusnya. Nanti begitu tenang, kita lanjut kerja lagi,” ungkapnya.

Kendati begitu, lanjutnya, Basarnas bersama TNI dan Polri tak bakal menyerah menghadapi medan berat. Ketiga institusi itu berjanji bakal bekerja maksimal untuk melakukan proses evakuasi.

“Kita bekerja sinergis dan maksimal untuk membantu keluarga korban yang sudah menunggu,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : (aim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Evakuasi Terhalang Cuaca, Kabel ROV Sampai Kebawa Arus