alexametrics

Demi Temukan Bodi Utama Pesawat, Basarnas cek Informasi Warga

Panglima TNI dan Kabasarnas Ikut Menyisir
31 Oktober 2018, 15:30:53 WIB

JawaPos.com – Tim SAR gabungan terus melakukan pencarian bangkai dan korban pesawat Lion Air JT 610. Selain menggunakan kapal rigel, tim tersebut juga memanfaatkan informasi yang didapatkan dari warga setempat.

Informasinya titik koordinatnya berada di perairan Tanjungpakis, Karawang, Jawa Barat. Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzah menyebut, posisi bangkai pesawat didapatkan dari keterangan saksi mata yang merupakan masyarakat setempat.

“Saksi itu pun baru menduga, karena dia baru dengar suara. Saat ini sedang dalam proses dicek kebenarannya untuk titik yang duga (posisi bodi pesawat) ini,” kata Didi dalam jumpa pers di Gedung Basarnas, Jakarta, Rabu (31/10).

Demi Temukan Bodi Utama Pesawat, Basarnas cek Informasi Warga
Tim penyelam TNI-AL dikerahkan untuk mencari korban dan puing-puing kapal (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

Posisi jatuhnya bodi pesawat pun diketahui masih berada radius pencarian Basarnas yakni, sekitar Tanjung Pakis. Pihak Basarnas atau Badan Nasional Pencarian dan Penyelematan (BNPP) langsung mengerahkan armada penyelam untuk menelisik kebenaran posisi pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 tersebut.

“Sekarang lagi dicek oleh tim penyelam. Hasilnya nanti tunggu perkembangan. Yang diperkirakan itu kan bagian besar dari target yang kita cari, bodi pesawat,” katanya.

Selama proses pencarian ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Muhammad Syaugi pun ikut menyisir.

“Mereka memakai kapal TNI Ngurah Rai yang sampai saat ini masih beroperasi untuk memastikan informasi dari saksi mata pada titik duga,” pungkas Didi.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (aim/JPC)

Copy Editor :

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Demi Temukan Bodi Utama Pesawat, Basarnas cek Informasi Warga