alexametrics

Kemenag Diyakini Dapat Berperan Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

31 Agustus 2021, 19:03:54 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily menilai Kementerian Agama (Kemenag) bisa mengambil peran besar dalam meyakinkan masyarakat sekaligus mensukseskan program vaksinasi. Maklum saja, sebagian warga masih ada yang ragu, bahkan menolak untuk divaksinasi.

Menurutnya, jika pelaksanaan vaksin dilakukan oleh Kementerian Agama akan terbangun otentisitas religius yang dibutuhkan masyarakat. Kemenag sendiri juga dekat ke berbagai lapisan masyarakat.

“Kementerian Agama punya kans untuk mensukseskan program vaksinasi di Indonesia. Peran pemuka agama dalam mensosialisasikan pelaksanaan vaksin akan dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat,” ujar Ace dalam keterangannya, Selasa (31/8).

Ditambahkan bahwa rendahnya angka penerima vaksin di Indonesia salah satunya adalah keraguan masyarakat akan vaksin yang akan diberikan. Namun, Kemenag dapat dengan mudah menyelesaikan masalah ini.

“ASN dan penyuluh di Kementerian Agama yang jumlahnya puluhan ribu bisa membantu mengedukasi masyarakat hingga level kelurahan atau desa. Saya rasa ini cukup membantu program kesehatan untuk negara kita,” terang Ace.

Sementara itu, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa pelaksanaan penyuluhan dan imbauan untuk vaksinasi sudah dilakukan oleh pihaknya sejak awal program vaksin dicanangkan pemerintah.

Meski belum maksimal, namun saat ini program vaksinasi sudah berjalan, khusunya di pondok pesantren dan Perguruan Tinggi Keagamaan. Edukasi protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak terus digemakan.

“Kami setuju dan mengapresiasi pelaksanaan vaksin yang dipercayakan kepada Kementerian Agama. Tugas mulia ini akan kami laksanakan sesuai dengan anjuran pemerintah dengan harapan meningkatnya angka vaksinasi dan masyarakat dapat terlindungi dari wabah berbahaya ini,” pungkas Menag.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads