alexametrics

Saingi Anies-Sandi, Ternyata Kapolri Punya Program DP Rumah Nol Persen

31 Agustus 2018, 16:15:11 WIB

JawaPos.com – Cicilan rumah dengan down payment (DP) nol persen ternyata tak hanya program milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno. Program itu juga diterapkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. 

Tito menerangkan, pihaknya membutuhkan sekitar 300 ribu perumahan untuk anggotanya. “Kalau mengandalkan APBN sulit. Oleh karena itu, saya sudah membuat skema DP nol persen bekerja sama dengan bank-bank pemerintah, dengan real estate Indonesia,” ujarnya di RS Polri, Jakarta, Jumat (31/8). 

Untuk bayar cicilannya pun tinggal memotong gaji para anggota. Menurutnya hal tersebut tidak menyulitkan bagi mereka yang ingin memiliki rumah sendiri mengingat pemerintah sudah menaikkan tunjangan kinerja anggota kepolisian sebesar 70 persen.

Saingi Anies-Sandi, Ternyata Kapolri Punya Program DP Rumah Nol Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin groundbreaking Rumah DP 0 Rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1). (Dok. JawaPos.com)

“Itu sebagian bisa dipotong untuk perumahan, sebagian bisa dipakai untuk kepentingan yang lain, untuk keluarga,” tuturnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu lebih lanjut mengatakan bahwa program rumah DP nol persen ini merupakan bagian cara untuk menyejahterakan para anggota, selain jaminan kesehatan gratis dan menaikkan tunjangan kinerja. Jika tiga hal penting itu sudah terpenuhi, dirinya baru akan mencukupi biaya operasional seperti belanja barang dan pemenuhan sarana prasarana.

“Itu cara menekan koruptif dibanding dengan penegakan hukum, dipukulin terus-menerus, ditangkepin, yang lain akan tetap (korupsi),” pungkas Tito. 

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menyatakan bahwa program perumahan dengan DP nol persen tidak meniru program Sandiaga. Dia mengklaim program itu sudah ada sejak lama. 

“Sebelum disebutkan itu (rumah DP nol persen), sudah ada kita. Bahkan di beberapa tempat sudah terealisasi, sekarang dimasifkanlah ke seluruh Indonesia,” kata dia.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (dna/ce1/JPC)



Close Ads
Saingi Anies-Sandi, Ternyata Kapolri Punya Program DP Rumah Nol Persen