alexametrics

Para Guru Besar Unair Beri Rekomendasi, Siap Dampingi Pasien Isoman

1,5 Juta Dosis Vaksin Sinopharm Tiba
31 Juli 2021, 12:56:44 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 56 guru besar (gubes) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait dengan penanganan Covid-19 kemarin (30/7). Salah satunya, kesiapan para gubes memberikan layanan pendampingan kepada pasien isolasi mandiri (isoman).

Deretan rekomendasi tersebut diserahkan secara simbolis melalui daring kepada Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kemarin.

Dekan FK Unair Prof dr Budi Santoso SpOG (K) menuturkan, rekomendasi itu lahir dari kekhawatiran gubes FK Unair terhadap situasi pandemi saat ini. Angka Covid-19 masih tinggi, tetapi fasilitas kesehatan (faskes) terbatas. Bahkan, angka kematian tenaga kesehatan (nakes) di Jatim menduduki posisi tertinggi di Indonesia.

”Ini yang mendorong kami melakukan gerakan aksi bersama untuk menanggulangi Covid-19 (Gebrak Covid-19). Hasil rekomendasi ini disusun dan ditujukan secara umum dan khusus,” katanya.

Dia menjelaskan, rekomendasi yang diberikan bersifat komprehensif serta diharapkan menjadi gerakan bersama dan serentak. ”Bukan hanya untuk pemerintah dan rumah sakit, tetapi juga kalangan umum (masyarakat),” ujar dia.

Pria yang karib disapa Prof Bus itu menyatakan, masyarakat adalah kelompok yang paling terdampak pandemi Covid-19. Mereka yang paling menderita dan harus segera ditolong. Karena itulah, gerakan isoman harus digalakkan. Sebab, tidak semua kasus Covid-19 harus ditangani di rumah sakit. FK Unair dan para gubes yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersedia menjadi pendamping bagi pasien Covid-19 yang menjalani isoman di rumah melalui telemedisin.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/deb/c14/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads