alexametrics

Yasonna Laoly Jelaskan Alasan Perlunya Revisi UU Narkotika

31 Maret 2022, 18:18:51 WIB

JawaPos.com – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menilai, Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika perlu direvisi untuk mengoptimalkan penanganan peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Indonesia. Dia menyebut, narkotika merupakan zat atau obat yang dapat bermanfaat di bidang pengobatan atau pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Namun, jika digunakan tidak sesuai dengan standar pengobatan, maka narkotika dapat menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan bagi tubuh manusia. “Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika telah mengancam keberlangsungan hidup bangsa Indonesia, terutama mengancam generasi muda,” kata Yasonna dalam
Rapat Kerja bersama Komisi III DPR RI, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/3).

Politikus PDI Perjuangan ini menjelaskan, saat ini jumlah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta prekursor narkotika semakin meningkat. Oleh karena itu, dengan mempertimbangkan kualitas dan kuantitas aparat penegak hukum, serta kapasitas lembaga pemasyarakatan, pemerintah mengutamakan penguatan pencegahan dalam menangani penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika.

“Upaya pencegahan dilakukan secara integral dan dinamis antara aparat penegak hukum dengan masyarakat,” ungkapnya.

Selain upaya penguatan pencegahan, lanjut Yasonna, upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika juga diperkuat. Dengan begitu diharapkan tujuan negara dalam melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dapat terlaksana dengan maksimal.

Upaya ini sangat diperlukan mengingat tren perkembangan penyalahgunaan narkotika dan prekursor narkotika masih tinggi. “Hal tersebut merupakan salah satu alasan untuk melakukan revisi terhadap UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar Yasonna.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: