alexametrics

Penuhi Hak Anak, Kementerian PPPA Dukung Penuh Vaksinasi Covid-19

30 Desember 2021, 19:10:56 WIB

JawaPos.com – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) mengapresiasi efektivitas vaksinasi yang dilakukan kepada anak berusia 6-11 tahun dan 12-17 tahun untuk mendukung pemenuhan hak anak dan mewujudkan perlindungan bagi anak.

Selain melaksanakan vaksinasi, terdapat juga program tang berjalan beriringan, yakni pemberian sembako di Kepulauan Seribu. Menteri PPPA, Bintang Puspayoga pun mendukung program pemberian sembako kepada masyarakat yang mau divaksin, termasuk di dalamnya berasal dari kalangan rentan perempuan dan anak.

“Kami dari jajaran KemenPPPA mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan untuk mewujudkan masyarakat Kepulauan Seribu sejahtera. Pertama, kami menyampaikan apresiasi kepada Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Bapak Junaedi yang telah meluncurkan inovasi terkait program vaksinasi melalui moto ‘Yes Vaksin, Yes Sembako,” ungkap Bintang Puspayoga dalam keterangannya, Kamis (30/12).

Ia menegaskan, dalam Undang-Undang Penanggulangan Bencana, ibu hamil dan menyusui serta anak, penyandang disabilitas dan lansia dikategorikan sebagai kelompok rentan yang harus dilindungi melalui pemberian prioritas penyelamatan, evakuasi, pengamanan, pelayanan kesehatan dan psikososial.

Pandemi Covid-19 sebagai bencana non alam ini turut memberikan dampak negatif, paling banyak kepada kelompok rentan terutama kepada anak. Hal tersebut dikarenakan belum semua usia anak dapat divaksinasi, sementara anak di bawah 2 tahun belum diperbolehkan menggunakan masker.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu, Junaedi menegaskan, capaian vaksinasi Kepulauan seribu yang sudah sangat efektif dan mendapat penghargaan dari Gubernur Jakarta. Ia juga menuturkan, di antara 260 siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pagi yang berusia 6-11 tahun, 255 diantaranya sudah divaksin, sementara sisanya berhalangan karena penyakit yang diderita dan karena jarak domisili.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads